Kader PKK dan Dasawisma Mesti jadi Ujung Tombak Vaksinasi

Al Imran | Sabtu, 25-12-2021 | 17:24 WIB | 629 klik | Kab. Agam
<p>Kader PKK dan Dasawisma Mesti jadi Ujung Tombak Vaksinasi<p>

Ketua TP PKK Agam, Yenni Andri Warman. (humas)

AGAM (24/12/2021) - Ketua TP PKK Agam, Yenni Andri Warman, mengajak seluruh kader PKK di seluruh nagari dan jorong, berperan aktif menyukseskan program vaksinasi Covid19.

"Kader PKK maupun Dasawisma, mesti jadi ujung tombak program vaksinasi yang tengah digalakkan pemerintah," ungkap Yenni saat membuka gebyar vaksinasi di Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Jumat.

Dia mengimbau seluruh kader, untuk senantiasa melakukan sosialisasi pada masyarakat, agar tidak takut divaksin.


Selain itu, para kader harus mampu memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa vaksin Covid19 aman bagi kesehatan, guna terciptanya kekebalan tubuh dari infeksi Covid19, yang memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi.

"Vaksin itu aman dan halal. Mari ikuti vaksinisasi, agar kita semua tetap sehat dan segera hidup normal seperti sediakala," ajaknya.

Gebyar vaksinasi yang digelar halaman kantor Nagari Tabek Panjang itu, merupakan dosis pertama. Pelaksanaannya bekerjasama dengan Puskesmas Baso.

"Program vaksinasi ini, sejalan dengan program PKK yaitu kesehatan dan perencanaan hidup sehat," ungkap dia.

"Bagi yang sudah vaksin, apabila masih terpapar, Insyaa Allah tidak akan separah orang yang belum vaksin," jelasnya.

Kendati demikian, Yenni mengajak penerima vaksin, untuk mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan.

Yenny juga mengimbau masyarakat tidak mudah percaya terutama informasi hoaks seputar vaksin yang banyak tersebar diberbagai platform media sosial.

Vaksinasi Door to Door

Sementara itu, Camat Baso, Rio Eka Putra menjelaskan, animo masyarakat terhadap vaksinasi semakin meningkat. Hal itu dapat dilihat semakin banyaknya masyarakat yang hadir saat dilakukan vaksinasi di Puskesmas termasuk gerai vaksin hari ini.

Untuk mencapai target yang dibebankan, juga dilakukan vaksin dengan cara turun ke lapangan. "Kita langsung door to door ke rumah-rumah warga. Alhamdulillah, dengan penyuluhan yang kita berikan warga menerima dengan baik," jelasnya.

Ia berharap, melalui gerai vaksinasi hari ini, bisa lebih meyakinkan masyarakat bahwa suntik vaksin itu tidak berbahaya.

Gebyar vaksin ini juga dihadiri Kepala Puskesmas Baso, Ketua TP PKK Kecamatan Baso, Nessa Rio Eka Putra dan sejumlah pengurus PKK kabupaten dan kecamatan. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kabar Daerah