Agam Fasilitasi Bintek untuk 25 Wali Nagari Terpilih

Bangun Nagari dengan Semangat Pantang Menyerah

Al Imran | Sabtu, 25-12-2021 | 19:28 WIB | 2563 klik | Kab. Agam
<p>Bangun Nagari dengan Semangat Pantang Menyerah<p>

Bupati Agam, Andri Warman saat memberikan arahan pada kegiatan Bimtek terhadap 25 orang wali nagari yang baru dilantik, Jumat. (humas)

PADANG (24/12/2021) - Bupati Agam, Andri Warman menceritakan kegigihannya dalam mendirikan usaha jasa kurir, transportasi dan kargo dengan brand AWR. Diperlukan jiwa pantang menyerah dan semangat tinggi, tegasnya, untuk mengembangkan sebuah usaha.

"Kita minta wali nagari sebagai pimpinan pemerintah terendah, miliki semangat tinggi dan pantang menyerah dalam membangun nagari masing-masing," harap Andri Warman saat jadi pemateri dalam Bimtek bagi 25 wali nagari terpilih di Agam, Jumat.

Bimtek ini digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Agam di Hotel Mercure Padang, Kamis-Ahad (23-26/12/2021). Dikesempatan itu, Andri Warman sekaligus memotivasi wali nagari dalam membangun Agam yang lebih maju.


Dikatakan, wali nagari adalah leader yang harus berbuat banyak dalam memajukan nagari, tapi tetap di bawah koordinasi camat dan pemerintah daerah, agar apa yang dilakukan tidak menyalahi aturan.

"Wali nagari terpilih karena dipilih warga. Sama halnya dengan presiden, kepala daerah dan anggota DPRD, sehingga kita harus berbuat untuk membangun nagari demi kepentingan warga," sebutnya.

Namun, katanya, wali nagari harus memahami ilmu kepemerintahan dengan matang, yang dibarengi ilmu akademis lainnya.

Dengan begitu, bupati yang akrab disapa AWR ini, sudah dijalin kerjasama dengan Universitas Indonesia (UI), untuk memfasilitasi wali nagari melanjutkan pendidikannya.

"Kita sudah MoU dengan Fakultas Ilmu Administrasi UI, untuk wali nagari yang mau meningkatkan pendidikan. Bahkan untuk ASN, kita juga sudah jalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi lainnya," terang AWR.

Sementara, Kepala DPMN Agam, Asril mengatakan, wali nagari yang mengikuti Bimtek ini merupakan wali nagari baru yang sudah dilantik beberapa hari lalu, dengan jumlah 25 orang.

"Bimtek ini penting dilaksanakan supaya kegiatan yang dilaksanakan wali nagari bisa singkron dengan visi misi bupati Agam," ujarnya.

Apalagi, katanya, dari 25 wali nagari terpilih ini banyak yang baru, meski sebagian kecil ada sudah dua atau tiga periode.

"Sehingga, perlu diberikan pemahaman dalam menjalankan roda pemerintahan nagari, agar kegiatan dilaksanakan betul-betul untuk kepentingan masyarakat," tukasnya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Agam