Agam Fasilitasi Bintek untuk 25 Wali Nagari Terpilih: Bangun Nagari dengan Semangat Pantang Menyerah

Sabtu, 25 Desember 2021, 19:28 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Agam Fasilitasi Bintek untuk 25 Wali Nagari Terpilih: Bangun Nagari dengan Semangat...
Bupati Agam, Andri Warman saat memberikan arahan pada kegiatan Bimtek terhadap 25 orang wali nagari yang baru dilantik, Jumat. (humas)

PADANG (24/12/2021) - Bupati Agam, Andri Warman menceritakan kegigihannya dalam mendirikan usaha jasa kurir, transportasi dan kargo dengan brand AWR. Diperlukan jiwa pantang menyerah dan semangat tinggi, tegasnya, untuk mengembangkan sebuah usaha.

"Kita minta wali nagari sebagai pimpinan pemerintah terendah, miliki semangat tinggi dan pantang menyerah dalam membangun nagari masing-masing," harap Andri Warman saat jadi pemateri dalam Bimtek bagi 25 wali nagari terpilih di Agam, Jumat.

Bimtek ini digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Agam di Hotel Mercure Padang, Kamis-Ahad (23-26/12/2021). Dikesempatan itu, Andri Warman sekaligus memotivasi wali nagari dalam membangun Agam yang lebih maju.

Dikatakan, wali nagari adalah leader yang harus berbuat banyak dalam memajukan nagari, tapi tetap di bawah koordinasi camat dan pemerintah daerah, agar apa yang dilakukan tidak menyalahi aturan.

Baca juga: PT KAI Inginkan Aset di Pasar Padang Luar Dikelola Satu Atap, Ini Kata Bupati Agam

"Wali nagari terpilih karena dipilih warga. Sama halnya dengan presiden, kepala daerah dan anggota DPRD, sehingga kita harus berbuat untuk membangun nagari demi kepentingan warga," sebutnya.

Namun, katanya, wali nagari harus memahami ilmu kepemerintahan dengan matang, yang dibarengi ilmu akademis lainnya.

Dengan begitu, bupati yang akrab disapa AWR ini, sudah dijalin kerjasama dengan Universitas Indonesia (UI), untuk memfasilitasi wali nagari melanjutkan pendidikannya.

"Kita sudah MoU dengan Fakultas Ilmu Administrasi UI, untuk wali nagari yang mau meningkatkan pendidikan. Bahkan untuk ASN, kita juga sudah jalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi lainnya," terang AWR.

Baca juga: Ricky Eka Putra Dilantik jadi Camat Lubuk Basung, Ini Harapan Bupati dan LKAAM Agam

Sementara, Kepala DPMN Agam, Asril mengatakan, wali nagari yang mengikuti Bimtek ini merupakan wali nagari baru yang sudah dilantik beberapa hari lalu, dengan jumlah 25 orang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: