Bupati Kelilingi Nagari di Kawasan Agam Timur Resmikan Khatam Quran

Al Imran | Senin, 27-12-2021 | 11:50 WIB | 663 klik | Kab. Agam
<p>Bupati Kelilingi Nagari di Kawasan Agam Timur Resmikan Khatam Quran<p>

Bupati Agam, Andri Warman melepas pawai khatam al Quran di Nagari Kamang Hilia, Ahad. Sepanjang hari itu, sejumlah agenda khatam dihadiri bupati. (humas)

AGAM (26/12/2021) - Bupati Agam, Andri Warman hadiri wisuda tahfiz dan melepas pawai Khatam Alquran di beberapa lokasi di daerah itu, sepanjang Ahad.

Kabag Kesra Agam, Surya Wendri mengatakan, khatam al Quran yang dihadiri bupati yakni yang dilaksanakan di TPQ Nurul Yaqin, Jorong Mato Jariang, Nagari Kubang Putiah, Kecamatan Banuhampu.

Selanjutnya, MDA Syuhada Taluak, Jorong V Kampuang dan di TPA Al-Falah, Jorong Joho, Nagari Kamang Hilia, Kecamatan Kamang Magek. MDTA Al- Munawwarah Jorong Kambiang Tujuah, Nagari Gadut.


Kemudian, MDA Istiqamah, Jorong Sonsang, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, serta MDTA Jorong Sungai Janiah, Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso.

Dikatakan Surya Wendri, total jumlah santri yang di khatam sebanyak 132 orang, sedangkan yang diwisuda Tahfidz sebanyak 46 orang, yang berasal dari 6 TPA dan MDA.

"Pawai Khatam al Quran ini juga dimeriahkan pertunjukan Tambua Tansa, drum band dan penampilan baju adat yang diperagakan oleh anak-anak nagari," ujarnya.

Dikatakan, hal ini merupakan salah satu bentuk menyemarakkan al Quran di tengah masyarakat.

Hal yang sama juga disampaikan Wali Nagari Kamang Hilia, Khudri Elhami. Ia mengatakan, perayaan khatam al Quran merupakan bentuk semangat dari masyarakat dalam menyemarakkan al Quran.

"Semoga semangat dalam menyemarakkan al Quran ini dapat bertahan dan berlanjut untuk tahun berikutnya, Aamiin" harapnya.

Sementara itu, Andri Warman mengucapkan selamat kepada masyarakat, khususnya kepada anak-anak yang Khatam al Quran.

"Perayaan dan pawai Khatam al Quran sudah menjadi tradisi sejak dahulu kala, dan menjadi suatu kebanggaan bagi kita, khususnya menjadi kebanggan bagi orang tua dan keluarga. Karena anak-anak kita sudah menyelesaikan dan menamatkan belajar dan membaca al Quran," ujarnya.

Andri Warman berharap, agar anak-anak kedepannya dapat mempelajari dan mendalami ilmu al Quran. Sehingga nantinya tercipta generasi yang Qurani, beriman dan bertaqwa, serta mempunyai akhlak yang mulia.

"Khatam al Quran bukanlah akhir, tapi awal bagi anak-anak untuk lebih mendalami dan mempelajari Alquran dan ilmu Agama, dan diharapkan kedepannya anak-anak kita bisa menjadi penghafal al Quran," harapnya.

Karena pada tahun depan, pihaknya berencana akan menggelar lomba tahfiz se-Kabupaten Agam, dan anak yang keluar sebagai juara akan diberi reward diberangkatkan umroh. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar