Kubu Gadang Fest'21, Kolaborasi Program Kampus Merdeka dan Pokdarwis

Al Imran | Senin, 27-12-2021 | 14:33 WIB | 654 klik | Kota Padang Panjang
<p>Kubu Gadang Fest'21, Kolaborasi Program Kampus Merdeka dan Pokdarwis<p>

Wako Padang Panjang, Fadly Amran menikmati aneka kuliner yang dijual di Pasar Digital Kubu Gadang pada iven Kubu Gadang Fest 2021, Ahad. (kominfo)

PADANG PANJANG (26/12/2021) - Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran menilai, budaya kearifan lokal Minangkabau, banyak yang bisa digali dari Kubu Gadang. Seperti silek lanyah, cara menanam padi, memetik cabai dan banyak lagi.

"KGF'21 ini dengan banyak kegiatannya, semoga bisa membangkitkan ekonomi masyarakat sekitar," harap Fadly saat membuka pagelaran Kubu Gadang Fest 2021 (KGF'21), di Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur, Ahad.

KGF'21 merupakan kegiatan kolaboratif antara mahasiswa magang Kampus Merdeka di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kubu Gadang.


Dengan dinobatkannya Desa Wisata Kubu Gadang sebagai Wisata Berkelanjutan 2021, membuat potensi-potensi yang ada di Kubu Gadang bisa lebih dimanfaatkan, salah satunya melalui KGF'21 ini.

Fadly yang didampingi Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Zulkifli disambut dengan Tari Pasambahan serta pemasangan deta dari Niniak Mamak Kubu Gadang, Jufri Datuak Sati yang sekaligus pendamping Pokdarwis Kubu Gadang.

Seusai membuka KGF'21, Fadly menerima Piagam Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan Tahun 2021 dari Pokdarwis Kubu Gadang yang sudah menerima secara langsung di Jakarta beberapa waktu lalu.

Fadly juga menyempatkan diri melihat pengunjung yang belajar menanam padi di sawah yang banyak diikuti anak-anak dari luar Sumatera Barat, seperti Yogyakarta.

Tidak hanya itu, Fadly dan rombongan juga membeli makanan tradisi Minangkabau yang tersedia di lapak-lapak Pasar Digital Kubu Gadang.

Beragam Lomba

Sementara, antusiasme berbagai komunitas mengikuti beragam perlombaan KGF'21 juga terlihat tinggi. Terdapat empat macam perlombaan yang digelar saat KGF'21 ini. Parade Baju Saisuak, Photo on The Spot, Reels/Tiktok dan Lomba Mewarnai Tingkat Anak-anak.

Ketua Pokdarwis Kubu Gadang, Yulio Hasanoma merasa senang, dengan tingginya animo warga mengikuti perlombaan di KGF'21 ini.

"Alhamdulillah, peserta yang mengikuti perlombaan saat KGF'21 ini banyak. Apalagi untuk Photo on The Spot. Datang dari berbagai komunitas foto yang ada di Sumatera Barat," ujarnya.

Total peserta yang mengikuti perlombaan sebanyak 79 orang. Di antaranya Parade Baju Saisuak sebanyak delapan orang, Photo on The Spot 52 orang, Reels empat orang dan Lomba Mewarnai sebanyak 25 anak.

Photo on The Spot yang diminati komunitas foto yang ada di Sumbar, memberikan arti bahwa Desa Wisata Kubu Gadang yang asri, memberikan spot foto yang bagus bagi para fotografer.

Bagi para pemenang perlombaan KGF'21 ini diberikan uang tunai, sertifikat dan piala. Namun, untuk mewarnai tingkat anak, diberi uang tunai, sertifikat dan alat tulis yang bermanfaat bagi mereka. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kota Padang Panjang