PTSL Kota Padang Tuntas 100%, Wako: Camat dan Lurah Mesti Ikut Mengawal di 2022

Al Imran | Selasa, 28-12-2021 | 14:12 WIB | 1145 klik | Kota Padang
<p>PTSL Kota Padang Tuntas 100%, Wako: Camat dan Lurah Mesti Ikut Mengawal di 2022<p>

Wali Kota Padang, Hendri Septa memberikan arahan pada penyerahan sertifikat PTSL 2021 yang juga dihadiri Kepala Kantor Pertanahan Kota Padang, Antoni di Gedung Bagindo Aziz Chan, Kantor Balai Kota Padang, Aie Pacah, Senin. (humas)

PADANG (27/12/2021) - Sebanyak 188 warga Padang khususnya yang berdomisili di Kelurahan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, menerima sertifikat hak atas tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2021, Senin.

Penyerahan sertifikat ini dilakukan secara simbolis kepada 10 orang perwakilan warga oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa bersama Kepala Kantor Pertanahan Kota Padang, Antoni di Gedung Bagindo Aziz Chan, Kantor Balai Kota Padang, Aie Pacah.

Dalam sambutannya, Hendri menyampaikan, atas nama Pemko dan masyarakat Padang mengucapkan terima kasih, telah menghadirkan kebahagiaan bagi masyarakat khususnya yang berada di Kelurahan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan.


"Alhamdulillah, kita bersyukur sekali meski di tengah pandemi Covid19 yang masih melanda, tidak jadi hambatan bagi Kantor Pertanahan Padang, untuk menyelesaikan target PTSL di Kota Padang. Hal ini patut kita syukuri dan apresiasi tentunya," ungkapnya Hendri Septa.

Dia mengungkapkan, Pemko Padang sangat mendukung program PTSL dengan adanya komitmen dari setiap kecamatan sampai ke tingkat kelurahan, RW dan RT di Padang dalam memberikan informasi hal terkait kepada seluruh masyarakat.

Sebagaimana diketahui, jelasnya, penyerahan setifikat hak atas tanah untuk rakyat program PTSL ini merupakan program strategis nasional melalui Kementerian ATR/BPN yang berfungsi mengurangi sengketa tanah yang terjadi. Sebab, sertifikat jadi dasar bukti kepemilikan tanah yang berkekuatan hukum dan kuat.

"Saya juga mengimbau seluruh jajaran Pemko Padang yang terkait, agar senantiasa berperan aktif dalam menyukseskan program tersebut. Terutama kepada para camat dan lurah, agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal, dalam mengawal penyelenggaraan program ini," sambungnya.

Kepada seluruh masyarakat penerima sertifikat hak atas tanah tersebut, Hendri juga memesankan, agar mempergunakannya dengan baik dan benar, sebagaimana mestinya.

"Mari kita jadikan momentum penyerahan sertifikat ini, sebagai tonggak untuk menyatukan gerak langkah kita untuk sama-sama mendukung pembangunan Kota Padang di segala bidang. Sehingga, Padang semakin maju dan sejahtera," pungkasnya.

Sementara, Kepala Kantor Pertanahan Padang, Antoni menyebutkan, melalui kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang besar dalam upaya pemenuhan kebutuhan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kita bersyukur, target PTSL tahun 2021 di Kota Padang tercapai 100 persen. Ini tentu berkat dukungan wali kota dan jajaran serta unsur terkait lainnya. Insya Allah, di 2022 nanti kita menargetkan sebanyak 17 ribu bidang lagi pemberian sertifikat hak atas tanah warga," sebutnya.

Ikut hadir dan menyerahkan sertifikat Dandim 0312/Padang, Kolonel Inf M Ghoffar Ngismangil, Kabag Ren Polresta Padang, Kompol Dewi Suryani dan unsur Forkopimda Padang lainnya.

Juga hadir di kesempatan itu Asisten Pemerintahan dan Kesra, Edi Hasymi, Kepala Dinas Pertanahan Padang, Raju Minropa, Camat Lubuk Kilangan, Elfian Putra Ifadi dan Lurah Padang Besi. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar