Agam dan BPJS Kesehatan Jalin Kesepakatan, Bupati: Untuk Lindungi Keluarga Kurang Mampu

Selasa, 28 Desember 2021, 14:50 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Agam dan BPJS Kesehatan Jalin Kesepakatan, Bupati: Untuk Lindungi Keluarga Kurang Mampu
Bupati Agam, Andri Warman bersama pimpinan BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Henny Nursanti usai jalin kesepakatan kerjasama di Mess Pemkab Agam di kawasan Belakang Balok, Senin. (humas)

BUKITTINGGI (27/12/2021) - Pemkab Agam jalin kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bukittinggi, dalam menjamin perlindungan kesehatan bagi masyarakat.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilakukan Bupati Agam, Andri Warman dengan pimpinan BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Henny Nursanti di Mess Pemkab Agam di kawasan Belakang Balok, Senin.

"Ini upaya membantu masyarakat dengan memberikan perlindungan kesehatan mendasar terutama dari keluarga kurang mampu. BPJS ini sangat membantu masyarakat, untuk mendapatkan jaminan kesehatan," ujar Andri Warman.

Dikatakan, Pemkab terus berupaya agar masyarakat Agam dapat jaminan kesehatan secara menyeluruh, sebab biaya berobat jadi salah satu kendala bagi mereka yang harus diatasi.

Baca juga: Ribuan Warga Balingka Meriahkan Hiburan KIM, Isra: Terima Kasih Pak Karni Ilyas

"Terlebih keluarga kurang mampu, ketika ingin berobat tidak ada biaya dan ini adalah masalah yang terus menerus terjadi di tengah masyarakat. Kita berupaya atasi ini," tukasnya.

Sementara, Henny Nursanti mengatakan, kini baru 84 persen warga Agam yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS.

"Dalam program Universal Health Coverage (UHC), jadi bagi warga yang belum terjamin, tiba-tiba sakit dan mengurus BPJS sekarang, bisa aktif hari itu juga. Namun, warga yang sudah terdaftar minimal 95 persen," terangnya.

Untuk mencapai 95 persen ini, katanya, banyak sektor yang dapat didorong Pemkab Agam seperti perusahaan-perusahaan, untuk mendaftarkan warga sekitar perusahaan jadi peserta JKN melalui CSR-nya.

Baca juga: Bupati Agam Gelar Open House Kedua di Mess Belakang Balok

"Tentu ini dapat mengurangi beban anggaran pemerintah daerah nantinya, yang bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan pembangunan," sebutnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: