Pertamina Borong 23 Proper Emas 2021

Selasa, 28 Desember 2021, 18:27 WIB | Bisnis | Nasional
Pertamina Borong 23 Proper Emas 2021
Dirut Pertamina, Nicke Widyawati bersama Wapres KH Ma'ruf Amin dan Siti Nurbaya Abubakar (Menteri KLHK) pada penyerahan penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) Emas 2021, Senin. (humas)

JAKARTA (28/12/2021) - PT Pertamina (Persero) berhasil meraih 23 penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) Emas 2021 yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan diterima Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati pada Anugerah Lingkungan Proper, di Jakarta, Senin. Jumlah ini meningkat tajam dibanding tahun 2020 dengan 16 Proper Emas. Proper Emas 2021 di Lingkungan Pertamina Grup diraih semua sektor bisnis mulai hulu (upstream), pengolahan (midstream) dan hilir (downstream).

Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin yang menghadiri kegiatan itu menyampaikan, selama 24 tahun proper berkembang jadi platform bagi dunia usaha dalam melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau.

Secara khusus, Wapres menyambut baik kriteria sensitivitas dan daya tanggap terhadap kebencanaan sebagai respons terhadap pandemi Covid19, sebagai kriteria-kriteria baru di aspek pemberdayaan masyarakat sejak 2020.

Baca juga: Ide Bisnis Trend Tahun 2024: 10 E-Commerce Niche yang Booming saat Ini

Wapres juga mengharapkan peran aktif kalangan dunia usaha dalam mengatasi perubahan iklim dan pengelolaan lingkungan berkelanjutan salah satunya agar pelaku industri turut berpartisipasi dalam bencana.

"Target Indonesia 2030, mengurangi dampak buruk perubahan iklim, karena Indonesia berkomitmen tinggi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca, serta tetap berkomitmen untuk mendukung target Indonesia mencapai net zero emission tahun 2060," ucap KH Ma'ruf Amin dalam acara yang juga dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Siti Nurbaya Bakar itu.

Dapat Dipertanggungjawabkan

Sementara, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan, Pertamina menyambut positif kegiatan Proper yang diselenggarakan KLHK. Dengan adanya Proper tersebut, maka penilaian kinerja pengelolaan lingkungan oleh Pertamina lebih terukur, objektif dan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga: PT Panasonic Indonesia buka Lowongan Kerja, Batas Akhir Lamaran 3 Desember 2023, Daftar Disini!

Menurutnya, proper ini sejalan dengan komitmen Pertamina untuk mengimplementasikan ESG (Environmental, Social & Governance) secara teritegrasi dari hulu ke hilir, untuk mendukung bisnis yang berkelanjutan. Peningkatan raihan Proper Emas Pertamina di tahun 2021, menunjukkan kesungguhan Pertamina menerapkan ESG di seluruh lini bisnis.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: