Nagari Sungai Batang Raih Dua Penghargaan Nasional, Bupati: Strategis untuk Promosi Wisata

Al Imran | Rabu, 29-12-2021 | 14:44 WIB | 975 klik | Kab. Agam
<p>Nagari Sungai Batang Raih Dua Penghargaan Nasional, Bupati: Strategis untuk Promosi Wisata<p>

Bupati Agam, Andri Warman memberikan sambutan saat menghadiri tasyakuran atas dua penghargaan tingkat nasional, di Medan Nan Bapaneh Nagari Sungai Batang, Selasa malam. (humas)

AGAM (28/12/2021) - Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, gelar tasyukuran setelah meraih dua penghargaan tingkat nasional, beberapa hari lalu. Tasyakuran ini digelar di Medan Nan Bapaneh Nagari Sungai Batang, Selasa malam.

"Kita bersyukur, bisa meraih penghargaan di sektor pariwisata. Diyakini, prestasi ini mampu membawa peran positif dalam mendorong promosi pariwisata di Agam," ujar Bupati Agam, Andri Warman beserta istri, saat menghadiri tasyakuran ini.

Dua penghargaan yang diraih itu adalah, juara II untuk Museum Buya Hamka sebagai situs sejarah terpopuler diajang Anugerah Pesona Indonesia (API) dan Juara V Desa Wisata sebagai daya tarik wisata pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).


Dikatakan Andri Warman, pihaknya terus berupaya mengikuti event-event untuk mempromosikan potensi wisata di Agam, pada masyarakat baik lokal maupun nusantara dan mancanegara.

Kabupaten Agam saat ini miliki 21 desa wisata, salah satunya Nagari Sungai Batang yang dinobatkan Juara V Desa Wisata se-Indonesia.

Desa Wisata Sungai Batang ini, menurutnya, miliki daya tarik wisata bernuansa budaya dan religi, yang merupakan kampung halaman tokoh ulama besar di antaranya Buya Hamka dan banyak lainnya.

"Potensi ini bisa dimanfaatkan bagi para pengelola untuk membuat paket wisata, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar," sebut Andri Warman yang akrab disapa AWR ini.

Penghargaan ini, katanya, bukan saja jadi ajang euforia, tapi awal untuk lebih berbenah dan serius dalam mengelola desa wisata Sungai Batang. Sehingga dapat dijadikan desa wisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

Tidak hanya itu, momentum penghargaan juga diharapkannya mampu mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata, untuk kembali bangkit pasca pandemi Covid19.

Tahun ini, Kabupaten Agam juga menggondol juara I Uda Uni Duta Wisata tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang akan jadi penyambung lidah pemerintah dalam mempromosikan potensi daerah.

Bangga

Sementara itu, Wali Nagari Sungai Batang, Ahsin menyebutkan, malam tasyakuran digelar sebagai wujud antusias masyarakat Sungai Batang, dalam menyambut penghargaan yang diraih di tingkat nasional.

"Kita bangga, Nagari Sungai Batang bisa berkiprah di nasional, tentu tidak lepas dari peran berbagai pihak agar prestasi ini dapat diraih. Kita berterimakasih pada pihak yang sudah terlibat dalam hal ini," tukasnya.

Dalam rangkaian malam syukuran ini, juga ditampilkan berbagai kesenian anak nagari dan pengukuhan pengurus Pokdarwis Sungai Batang serta pengukuhan ikatan Uda Uni Agam. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar