Nagari Sungai Batang Raih Dua Penghargaan Nasional, Bupati: Strategis untuk Promosi Wisata

Rabu, 29 Desember 2021, 14:44 WIB | Wisata | Kab. Agam
Nagari Sungai Batang Raih Dua Penghargaan Nasional, Bupati: Strategis untuk Promosi Wisata
Bupati Agam, Andri Warman memberikan sambutan saat menghadiri tasyakuran atas dua penghargaan tingkat nasional, di Medan Nan Bapaneh Nagari Sungai Batang, Selasa malam. (humas)

AGAM (28/12/2021) - Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, gelar tasyukuran setelah meraih dua penghargaan tingkat nasional, beberapa hari lalu. Tasyakuran ini digelar di Medan Nan Bapaneh Nagari Sungai Batang, Selasa malam.

"Kita bersyukur, bisa meraih penghargaan di sektor pariwisata. Diyakini, prestasi ini mampu membawa peran positif dalam mendorong promosi pariwisata di Agam," ujar Bupati Agam, Andri Warman beserta istri, saat menghadiri tasyakuran ini.

Dua penghargaan yang diraih itu adalah, juara II untuk Museum Buya Hamka sebagai situs sejarah terpopuler diajang Anugerah Pesona Indonesia (API) dan Juara V Desa Wisata sebagai daya tarik wisata pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Dikatakan Andri Warman, pihaknya terus berupaya mengikuti event-event untuk mempromosikan potensi wisata di Agam, pada masyarakat baik lokal maupun nusantara dan mancanegara.

Baca juga: Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat ala Pemprov Sumbar Patut Dikembangkan

Kabupaten Agam saat ini miliki 21 desa wisata, salah satunya Nagari Sungai Batang yang dinobatkan Juara V Desa Wisata se-Indonesia.

Desa Wisata Sungai Batang ini, menurutnya, miliki daya tarik wisata bernuansa budaya dan religi, yang merupakan kampung halaman tokoh ulama besar di antaranya Buya Hamka dan banyak lainnya.

"Potensi ini bisa dimanfaatkan bagi para pengelola untuk membuat paket wisata, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar," sebut Andri Warman yang akrab disapa AWR ini.

Penghargaan ini, katanya, bukan saja jadi ajang euforia, tapi awal untuk lebih berbenah dan serius dalam mengelola desa wisata Sungai Batang. Sehingga dapat dijadikan desa wisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

Baca juga: Ini 11 Tempat Wisata di Bukittinggi Rekomendasi Wali Kota, No 10 Diminati Anak Muda dan Diresmikan Menteri

Tidak hanya itu, momentum penghargaan juga diharapkannya mampu mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata, untuk kembali bangkit pasca pandemi Covid19.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: