10 KUBE di Bukittinggi Dibantu Modal Kerja Berbentuk Barang

Al Imran | Kamis, 30-12-2021 | 14:56 WIB | 790 klik | Kota Bukittinggi
<p>10 KUBE di Bukittinggi Dibantu Modal Kerja Berbentuk Barang<p>

Wako Bukittinggi, Erman Safar menyerahkan secara simbolis bantuan modal kerja pada 10 KUBE di kota itu, Selasa. (humas)

BUKITTINGGI (28/12/2021) - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menyalurkan bantuan modal kerja untuk 10 Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis di kantor Camat Guguk Panjang, Selasa.

"KUBE merupakan wadah untuk memberdayakan ekonomi masyarakat, sekaligus mengurangi tingkat kemiskinan," ungkap Erman Safar saat penyerahan bantuan.

Sepuluh KUBE penerima bantuan terdiri dari 5 KUBE di Kecamatan Guguk Panjang dan 5 KUBE di Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Tiap-tiap KUBE menerima bantuan senilai Rp25 juta dalam bentuk barang/bahan sesuai dengan jenis usahanya seperti usaha kue kering, sulaman, pelaminan dan lainnya.


Pemberian bantuan untuk KUBE tersebut merupakan program Pemko Bukittinggi dalam upaya mengembangkan perekonomian masyarakat, terutama dalam kondisi pandemi Covid19 yang telah berlangsung selama 2 tahun.

Dikatkan Erman Safar, upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui wadah KUBE, tidak cukup dengan memberikan bantuan saja. Mesti disertai dengan memberikan pengetahuan tentang pengelolaan usaha yang baik.

"Jika hanya pemberian bantuan ke KUBE, saya yakin, hanya bertahan sebentar. Maka dari itu, Pemko juga ingin memberikan sosialisasi dari HIPMI, melalui Dinas Sosial, agar usaha kelompok dapat me-manage usahanya agar terus hidup dan berkembang," ujar Erman Safar.

Lima KUBE di Kecamatan Guguk Panjang yang menerima bantuan tersebut adalah KUBE Bunga Rebung (Kel. Bukit Cangang Kayu Ramang), KUBE Kopi Uncu Jum (Kel. Bukit Apit Puhun), KUBE Usaha Kue Kering dan Kue Basah 'Home Made' (Kel. Tarok Dipo), KUBE Sahabat Ekonomi Sejahtera (Kel. Pakan Kurai) dan KUBE Sulaman Kasih Ibu (Kel. Kayu Kubu).

Sementara, lima KUBE di Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh yang menerima bantuan yakni KUBE Berkah Bersama (Kel. Birugo), KUBE GSMR I (Kel. Ladang Cakiah), KUBE GSMR II (Kel. Ladang Cakiah), KUBE Saudara Sejiwa (Kel. Parit Antang), dan KUBE Kurai Jaya (Kel. Parit Antang).

Turut mendampingi wali kota dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Bukittinggi, Fiona Erman Safar. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kota Bukittinggi