Payakumbuh dan Telkom Luncurkan Integrated Dashboard Smart Government

Jumat, 31 Desember 2021, 16:28 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Payakumbuh dan Telkom Luncurkan Integrated Dashboard Smart Government
General Manager PT Telkom Indonesia Wilayah Telekomunikasi Sumatera Barat, Alfi Sumarta dan Riza Falepi (Wako Payakumbuh) saat peluncuran aplikasi Integrated Dashboard Smart Government di kantor wali kota, Kamis. (humas)

PAYAKUMBUH (30/12/2021) - Pemko Payakumbuh luncurkan aplikasi Integrated Dashboard Smart Government di kantor wali kota, Kamis. Aplikasi ini buah kerjasama dengan PT Telkom Indonesia.

"Aplikasi ini merupakan bentuk sinergi pemerintah daerah dan PT Telkom Indonesia dalam mendukung fungsi digitalisasi. Dalam hal ini, sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) yang telah diamanatkan Kepres yang telah cukup lama diterbitkan," ungkap General Manager PT Telkom Indonesia Wilayah Telekomunikasi Sumatera Barat, Alfi Sumarta.

Aplikasi itu diluncurkan Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi bersama Alfi Sumarta didampingi Rida Ananda (Sekda), Junaidi (Kadiskominfo), kepala dinas, camat dan jajaran Pemko Payakumbuh.

Dikatakan, PT Telkom melakukan penguatan SPBE untuk daerah se-Sumatera. "Kota Payakumbuh ini menjadi yang pertama," ungkap Alfi.

Baca juga: Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis: Cuan Rp50 Ribu Sekali Tarik dari MyTelkomsel

Diterangkan Alfi, data pemerintahan sangat banyak, ketika sudah diintegrasikan maka dapat disatukan sebagai bahan oleh kepala daerah untuk mengambil kebijakan. Sektor yang terintegrasi di antaranya data kesehatan dan pendidikan serta lainnya.

"Digitalisasi sistem ini mesti berkesinambungan, karena data milik pemerintah tidak bisa dengan sistem tambal sulam," tegasnya.

"Aplikasi ini berjalan juga tergantung dari bagaimana kita memberdayakan manusia. Pemberdayaan ini berada di unit-unitnya sendiri. Kami melihat, Dinas Kominfo Payakumbuh cukup kapabel, dengan tim yang siap berkolaborasi. Di sini, Telkom sebagai pemberi stimulan saja," kata Alfi.

Alfi juga mengapresiasi permudahan izin usaha yang diberikan Pemko Payakumbuh. Dia menambahkan, akan ada tim khusus untuk mengawal komitmen bersama Telkom, untuk mengalirkan broadband di OPD yang ada di Kota Payakumbuh yang akan dinikmati sampai kecamatan hingga kelurahan.

Baca juga: Dewan Penasehat dan Pakar PKS Payakumbuh Dikukuhkan, 8 Kursi jadi Target di Pemilu 2024

Sebagai bentuk komitmen Telkom Indonesia selaku Badan Usaha Milik Negara Information and Communication Technology (BUMN ICT), Telkom mencanangkan Smart City Nusantara. Yaitu, sebuah konsep penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, efisiensi dan kemampuan kerja dalam memberikan pelayanan yang keberlanjutan serta dapat meningkatkan kehidupan masyarakat dengan mengutamakan kearifan lokal daerah tersebut

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: