Hendri Septa Resmikan Pamsimas di Batu Gadang

Cakupan Ketersediaan Air Bersih Kota Padang Masih di Angka 87,6 Persen

Al Imran | Sabtu, 01-01-2022 | 14:03 WIB | 43 klik | Kota Padang
<p>Cakupan Ketersediaan Air Bersih Kota Padang Masih di Angka 87,6 Persen<p>

Wako Padang, Hendri Septa meresmikan penggunaan saluran air bersih dari program Pamsimas di Kantor Badan Pengolahan Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP-SPAMS) Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Jumat. (humas)

PADANG (31/12/2021) - Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, Pemko berkomitmen hadir sebagai fasilitator dan pelayannya masyarakat terutama dalam hal memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, seperti kebutuhan air bersih dan sanitasi.

Hal itu dikatakan Hendri saat meresmikan 1.627 Sambungan Rumah (SR) Air Bersih Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pansimas) yang tersebar di 19 lokasi di Kota Padang, Jumat.

Peresmian secara simbolis dilakukan Hendri Septa di Kantor Badan Pengolahan Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP-SPAMS) Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan.


"Untuk menjawab aneka kebutuhan tersebut, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Harus dibantu banyak pihak. Seperti kali ini adanya SPAMS Kelurahan Batu Gadang. Berkat kerjasama, program Pamsimas telah berhasil kita wujudkan di Kelurahan Batu Gadang ini," ujar Hendri Septa.

Hendri melanjutkan, dengan diresmikannya Pamsimas ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga kelurahan Batu Gadang. Warga tidak perlu susah untuk mendapatkan kebutuhan air bersih, karena sudah sampai di rumah masing-masing.

"Diharapkan, warga Kelurahan Batu Gadang dapat menjaga dan merawat Pamsimas ini dengan baik. Sehingga nantinya dapat berkembang lebih baik lagi," pungkas Hendri yang didampingi Kepala Bappeda Yenni Yuliza.

Sementara, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Padang, Tri Hadiyanto mengatakan, pada tahun 2021 ini, khusus untuk penyediaan air minum, DPRKP Padang mendapat anggaran sebesar Rp6,2 miliar, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD dan APBN.

"Khusus untuk kelurahan Batu Gadang ini, kita telah membangun dan menyediakan 369 sambungan rumah dengan anggaran sebesar Rp900 juta. Mudah-mudahan ke depan nanti hal ini bisa bertambah," ungkapnya.

Dia menambahkan, program Pamsimas yang dilakukan saat ini menjawab program nasional "100-0-100". Dimana Pemerintah wajib menyediakan 100 persen akses air minum, nol kawasan kumuh dan 100 persen akses sanitasi bagi masyarakat.

"Sejak tahun 2015, kita sudah bisa menyiapkan 85 lokasi Pamsimas yang tersebar di 8 kecamatan dan 39 kelurahan. Saat ini, ketersediaan air bersih telah mencapai 87,6 persen. Dimana, sebagian besar telah dikerjakan Perumda Air Minum Padang," sebutnya.

Hadir di kesempatan itu, Camat Lubuk Kilangan, Elfian Putra Ifadi, Lurah Batu Gadang, Afrimen, Ketua Karang Taruna Padang, Yaldi Chaniago, Babinsa-Bhabinkamtibmas, Pengurus KAN dan Ketua RT/RW se-Kecamatan Lubuk Kilangan serta undangan lainnya. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar