30 ASN Kemenag Pasbar Terima Satya Lancana Karya Satya

Senin, 03 Januari 2022, 22:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
30 ASN Kemenag Pasbar Terima Satya Lancana Karya Satya
Bupati Pasbar, Hamsuardi menyerahkan secara simbolis penghargaan Satya Lancana Karya Satya pada Hari Amal Bhakti (HAB) Kementrian Agama ke-76 tahun 2022, di halaman kantor Kemenag Pasbar, Senin. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (3/1/2022) - Keluarga Besar Kementrian Agama (Kemenag) Pasaman Barat, menggelar upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementrian Agama ke-76 tahun 2022, di halaman kantor Kemenag Pasbar, Senin.

Peringatan HAB tahun 2022 yang mengusung tema 'Transformasi Layanan Umat' tersebut, dihadiri Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi, Erianto (Ketua DPRD), H Muhammad Nur (Kakankemenag Pasbar), Forkopimda, Dharma Wanita, Kepala KUA, Kepala Sekolah se-Kabupaten Pasaman Barat dan stakeholder lainnya.

Muhammad Nur dalam sambutannya mengatakan, sejak dibentuknya pada 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kemenag terus tumbuh dan berkembang jadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman pengamalan ajaran agama dan yang toleran serta ramah bagi semua.

"Tanggal 3 Januari, dicanangkan sebagai kick off pelaksanaan program tahun berjalan. Kemenag hadir bagai payung teduh bagi semua umat beragama. Memberikan pelayanan bagi masyarakat, menjaga Pancasila, konstitusi dan NKRI, agar tetap pada jalurnya," kata Nur.

Baca juga: Bupati, Wabup dan Ketua PKK Ikuti Tradisi Manjalang Buya Lubuak Landua

Ia melanjutkan, beberapa prestasi dan pencapaian telah diraih oleh Kemenag. Naiknya indeks kesalehan umat beragama, indeks kerukunan, indeks kepuasaan layanan KUA, menjalin hubungan baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi/lembaga keagamaan serta memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan 5 kali berturut-turut.

"Untuk semua prestasi dan pencapaian, saya mengucapkan terimakasih kepada segenap ASN Kemenag yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan dan kinerja Kementerian Agama," ucap Nur.

Dalam amanatnya, ia juga berpesan agar segenap unsur Kemenag menjadikan 5 unsur kerja yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam tugas dan fungsi sebagai ASN Kemenag.

Tema HAB Ke-76 "Transformasi Layanan Umat" akan mudah dilakukan. Transformasi berarti perubahan sikap, perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempermudah kinerja Kemenag dalam memberikan layanan kepada masyarakat Pasbar.

Baca juga: Motocross & Grasstrack RRT Air Haji Open 2024 Perebutkan Hadiah Total Rp60 Juta

Diakhir upacara, Presiden RI melalui Kemenag memberikan penghargaan Satya Lancana Karya Satya karena dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara. Tak terkecuali Pasbar, sebanyak 30 orang ASN mendapatkan tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya tersebut.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: