Bamus DPRD Sumbar Agendakan Paripurna Penjelasan Pengusul Hak Angket 10 Januari

Selasa, 04 Januari 2022, 11:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Bamus DPRD Sumbar Agendakan Paripurna Penjelasan Pengusul Hak Angket 10 Januari
Ilustrasi.

PADANG (4/1/2022) - DPRD Sumatera Barat, mengagendakan rapat paripurna penyampaian usul hak angket pada Senin (10/1/2022) depan.

Paripurna usul Hak Angket yang ditandatangani 17 anggota dewan terkait surat sumbangan bertandatangan Gubernur Sumbar, Mahyeldi ini, akan digelar mulai pukul 09.00 WIB.

"Agendanya, penyampaian penjelasan dari pengusul yang dilanjutkan dengan penyampaian tanggapan anggota/fraksi DPRD," demikian tertulis dalam keputusn rapat Badan Musyarah (Bamus) DPRD Sumbar yang ditandatangani Wakil Ketua DPRD, Indra Dt Rajo Lelo dan Raflis (Sekwan), pada Senin (3/1/2022).

Kelanjutan nasib Hak Angket ini, baru diagendakan lagi oleh Bamus DPRD Sumbar di rapat paripurna yang akan digelar Senin (24/1/2022).

Baca juga: Gubernur Wacanakan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi jadi Nama Masjid Raya Sumbar, Ini Kata Ketua LKAAM

Setelah rentang waktu 14 hari sejak rapat paripurna usulan ini digelar, barulah ditentukan agenda paripurna penyampaiam jawaban dari para pengusul yang langsung dilanjutkan dengan pengambilan keputusan. Lanjut atau berhenti.

Diberitakan, sebanyak 17 anggota DPRD Sumbar, mengusulkan hak angket ke pimpinan dewan dalam rapat paripurna yang digelar, Selasa, 14 September 2021. Pengusul hak angket ini terdiri dari kader Partai Gerindra, Partai Demokrat, PDIP, PKB dan Partai Nasdem.

"Penggunaan hak angket ini, dilatarbelakangi polemik permintaan sumbangan partisipasi pihak ketiga dalam pembuatan sebuah buku. Penggunaan kewenangan pengawasan ini, agar persoalan tidak jadi melebar serta mendapatkan kepastian hukum dan politik," ungkap Nurnas yang juga ditunjuk sebagai juru bicara pengusul Hak Angket, usai paripurna itu.

Usulan ini diserahkan HM Nurnas dari Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumatera Barat pada Ketua DPRD, Supardi dari Fraksi Gerindra.

Baca juga: Mudik Lebaran, Mahyeldi: Perbaikan Jalan Nasional yang Rusak Akibat Banjir Tuntas H-7

Ikut menyaksikan, tiga pimpinan DPRD Sumbar lainnya, Irsyad Syafar (PKS), Indra Dt Rajo Lelo (PAN) dan Suwirpen Suib (Demokrat). Dalam paripurna itu, hadir Wagub Sumbar, Audy Joinaldy.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: