Ini Saran Wagub Sumbar untuk Museum Buya Hamka

Rabu, 05 Januari 2022, 17:40 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Ini Saran Wagub Sumbar untuk Museum Buya Hamka
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy meninjau Museum Buya Hamka pada peninjauan dan evaluasi 4 desa wisata di Sumbar yang meraih penghargaan desa wisata terbaik tingkat nasional pada ajang ADWI 2021, Selasa. (humas)

AGAM (4/1/2021) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy menyarankan, souvenir atau cenderamata di Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka ditambah variasinya sebagai pendukung pariwisata.

Museum yang terletak di Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya itu merupakan peraih penghargaan desa wisata terbaik tingkat nasional pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

"Tadi saya sarankan kepada Pokdarwis Sungai Batang untuk membuat unit usaha seperti jualan kaos gambar Buya Hamka, gantungan kunci, dan buku karya Buya Hamka sebagai pendukung pariwisata di sini," kata Audy pada wartawan saat berkunjung ke Museum Buya Hamka, Selasa.

Selain itu, Audy juga menyarankan, kafe-kafe kecil dan taman di sekitar museum, juga harus disediakan untuk menambah daya tarik wisata.

Baca juga: Kerugian Warga Padang Panjang Akibat Erupsi Gunung Marapi Capai Rp13 Miliar

Menurutnya, penambahan souvenir di sekitar museum itu nantinya akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat lokal.

Secara khusus, Audy juga memberi arahan pada Pokdarwis Sungai Batang tentang program kerja dan gerakan yang harus dilakukan kedepan, agar wisatawan domestik maupun mancanegara makin tertarik berkunjung ke kampung kelahiran Buya Hamka itu.

"Ketika orang (wisatawan) datang kesini, apa sih yang mereka cari di Sungai Batang ini selain terkenal sebagai kampung Buya Hamka dan Danau Maninjau. Nah, ini yang mesti dilakukan agar mereka betah di sini dan bisa menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar," ujarnya.

Di samping itu, Audy juga menyarankan pengelolaan Museum Buya Hamka kedepan, bisa lebih kreatif lagi dan melibatkan masyarakat setempat terutama generasi muda.

Baca juga: Safari Ramadhan ke Baso, Wagub Sumbar Usulkan Nagari Tabek Panjang Ikuti Ajang Desa Wisata, Ini Alasannya

Upaya itu, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Nagari Sungai Batang, sehingga mampu mewujudkan desa wisata yang berdaya saing.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: