Bupati Pimpin Ziarah Kubur ke Makam Tokoh Berpengaruh Pasbar

Jumat, 07 Januari 2022, 14:09 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Bupati Pimpin Ziarah Kubur ke Makam Tokoh Berpengaruh Pasbar
Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi bersama Risnawanto (Wabup) serta rombongan lainnya, melakukan ziarah ke sejumlah makam tokoh-tokoh besar dan berpengaruh di daerah itu, Kamis. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (6/1/20212) - Bupati Pasbar, Hamsuardi didampingi Risnawanto (Wakil Bupati) pimpin ziarah ke sejumlah makam tokoh-tokoh besar dan berpengaruh di daerah itu, Kamis. Ziarah ini sekaligus menandai akan digelarnya rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Kabupaten Pasaman Barat.

"Sengaja, beberapa hari yang lalu kami musyawarah bersama, dalam menyambut HUT Pasbar yang ke-18. Kita merencanakan ziarah ke makam tokoh nasional dan agama Pasbar. Alhamdulillah, hari ini bisa terlaksana sesuai rencana," ungkap Hamsuardi.

Makam yang dikunjungi itu yakni Makam Buya Lubuk Landua di Nagari Persiapan Lubuak Landua, Kecamatan Pasaman, selanjutnya ke Makam Buya Alin Tagak di Alin Tagak, Kecamatan Gunung Tuleh, dilanjutkan ke makam H Syahiran dan Syeh Rao-rao di Silaping, Kecamatan Ranah Batahan. Terakhir, ke makam Syahrul Datuak Marajo di Kampung Pisang, Kecamatan Kinali.

Selain Hamsuardi dan Risnawanto, ziarah rombongan ini juga diikuti Ketua DPRD, Sekda Pasbar, para Asisten, Staf Ahli, Ketua TP-PKK, Wakil Ketua TP-PKK, Ketua DW, Kepala OPD, Kabag, Camat, Wali Nagari beserta stakeholder terkait lainnya.

Baca juga: Bupati, Wabup dan Ketua PKK Ikuti Tradisi Manjalang Buya Lubuak Landua

Dikatakan Hamsuardi, ziarah kubur termasuk ibadah yang mulia disisi Allah. Ziarah merupakan bentuk penghormatan bagi orang yang sudah meninggal dunia. Dengan ziarah kubur, akan mengingatkan manusia kepada kematian dan mempersiapkan diri menuju alam akhirat.

Selain itu, dia mengungkapkan, ziarah ini merupakan bentuk solidaritas sekaligus menggiatkan silaturahmi. Ia juga berterimakasih pada rombongan yang ikut serta dalam kegiatan tersebut sembari berharap, kegiatan seperti ini tetap akan terus terlaksana dimasa yang akan datang.

"Momen ini juga sebagai ajang silaturahmi antara Pemda, keluarga almarhum dan masyarakat. Kesempatan seperti ini, harus tetap kita jaga, membina kekompakan, ini bukti nyata kepedulian kita terhadap mantan bupati, wakil bupati serta tokoh ulama yang berjasa mengembangkan ajaran Islam di Pasbar ini. Semoga kedepan, kegiatan seperti ini tetap kita laksanakan," ujar Hamsuardi.

Hal serupa disampaikan Risnawanto. Dia berharap, niat baik mengunjungi makam tokoh Pasbar dapat diterima oleh Allah SWT. Dengan mengirimkan doa, memberikan motivasi dan dukungan kepada keluarga almarhum dan yang terpenting untuk mempererat hubungan silaturrahmi.

Baca juga: Motocross & Grasstrack RRT Air Haji Open 2024 Perebutkan Hadiah Total Rp60 Juta

"Salah satunya, hari ini kita ziarah ke pemakaman Syahrul Dt Marajo. Beliau adalah tokoh di Kinali dan tokoh Kabupaten Pasaman Barat, yang mana beliau juga merupakan mantan Wakil Bupati Pasbar yang telah banyak berjasa membangun kabupaten kita ini," terangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: