Pembangunan Gedung Tuntas: Masak di Sentra Rendang, jadikan Produk IKM Rendang Penuhi Standar HACCP dan GMP

Jumat, 07 Januari 2022, 14:26 WIB | Kuliner | Kota Padang
Pembangunan Gedung Tuntas: Masak di Sentra Rendang, jadikan Produk IKM Rendang Penuhi...
Wako Padang, Hendri Septa memimpin rapat tentang pematangan pembangunan Sentra Rendang bersama pelaku industri kecil menengah (IKM) Rendang, pelaku ekonomi kreatif serta OPD dan stakeholder terkait, Kamis. (humas)

PADANG (6/1/2022) - Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, hadirnya Sentra Rendang di ibu kota provinsi Sumbar ini, tak sekadar tempat produksi, pemasaran, pengembangan dan pelatihan buat seluruh IKM yang berhubungan dengan rendang.

"Sentra Rendang ini mesti dijadikan pusat tourism attraction. Juga diharapkan bisa jadi pusat penelitian, pengembangan dan pembelajaran terkait rendang bagi masyarakat terutama generasi muda kita," tegas Hendri sewaktu memimpin rapat tentang pematangan pembangunan Sentra Rendang bersama pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Rendang, pelaku ekonomi kreatif serta OPD dan stakeholder terkait, Kamis.

Dikatakan Hendri yang didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Endrizal, Rumah Rendang ini termasuk dalam salah satu perwujudan visi-misinya, "Mewujudkan Kota Padang Sebagai Pusat Perdagangan dan Ekonomi Kreatif."

Sejak dilakukannya peletakan batu pertama pada 25 Mei 2021 lalu, pengerjaan Sentra Rendang Kota Padang kini sudah mendekati tuntas. Diketahui, pusat produksi dan pemasaran rendang ini dibangun di kawasan Lubuk Buaya, Kelurahan Lubuk Buaya, tepatnya belakang Kantor Camat Koto Tangah. Dibangun di atas lahan tanah seluas 5.112 meter persegi.

Baca juga: Dosen UNP Bekali Guru MGMP Matematika SMA se-Pesisir Selatan Implementasi LSLC

Pembangunannya terlaksana berkat Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dari Kementerian Perindustrian. Alhamdulillah, progres pembangunan gedungnya telah selesai sesuai waktu yang ditentukan. Terdiri atas pembangunan Gedung Promosi, Gedung Produksi, Gedung Kantor/UPTD dan Gedung Utilitas.

Untuk pekerjaan landscape yang terdiri atas Pagar, Area Parkir, Taman, Pos Jaga dan Area Bermain anak serta bangunan penunjang lainnya, akan dilanjutkan pembangunannya di tahun 2022 ini dengan menggunakan APBD Padang.

Dia berharap, akan ada pengolahan dan inovasi-inovasi baru dalam penyajian masakan rendang di Sentra Rendang tersebut nantinya.

"Kita tahu, rendang termasuk salah satu jenis makanan terlezat yang sudah mendunia. Maka itu, hadirnya sentra rendang ini juga diharapkan meningkatkan sektor perdagangan dan pariwisata," pungkasnya.

Baca juga: MGMP Sosiologi Harapkan Dukungan DPRD Sumbar untuk Tingkatan Kualitas Guru

Sementara, Kepala Disnakerin Padang, Dian Fakri menyebutkan, pembangunan Sentra Rendang Kota Padang ini sejatinya merupakan bentuk upaya memfasilitasi masyarakat terutama para pelaku IKM rendang Kota Padang, untuk melakukan kegiatan di tempat produksi yang khusus dan memenuhi prinsip cara produksi pangan olahan yang baik.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: