Pokdarwis Sungai Batang Layak jadi Destinasi Utama Wisatawan

Jumat, 07 Januari 2022, 15:31 WIB | Wisata | Kab. Agam
Pokdarwis Sungai Batang Layak jadi Destinasi Utama Wisatawan
Bupati Agam, Andri Warman menyerahkan piagam penghargaan pada Wakil Ketua Pokdarwis Sungai Batang, Rudi Yudistira usai audiensi dengan Pokdarwis Sungai Batang, di Kantor Camat Tanjung Raya, Kamis. (humas)

AGAM (6/1/2022) - Bupati Agam, Andri Warman meminta Pokdarwis Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, lahirkan ide kreatif dalam mengembangkan pariwisata di wilayah desa wisata itu.

"Kita harus memiliki ide, bagaimana Sungai Batang ini jadi pusat kunjungan bagi wisatawan yang berkunjung baik ke Agam maupun Sumbar," ujar Andri Warman saat audiensi dengan Pokdarwis Sungai Batang, di Kantor Camat Tanjung Raya, Kamis.

Apalagi, katanya, Sungai Batang ini merupakan salah satu desa wisata di Agam, yang telah meraih penghargaan sebagai terbaik V Kategori Daya Tarik Wisata Tingkat Nasional 2021.

Terlebih lagi, Sungai Batang ini adalah wilayah kelahiran tokoh terkemuka di republik ini, sehingga bisa dijadikan ikon desa wisata agar dapat menarik wisatawan untuk berkunjung.

"Sebut saja Buya Hamka, bisa dijadikan ikon dalam pengembangan pariwisata, selain ada museum rumah kelahirannya, juga terdapat pondok pesantren beliau yang dapat jadi daya tarik wisatawan," sebutnya.

Belum lagi, Buya Hamka ini sangat digemari masyarakat, tidak hanya nusantara tapi juga dari negara luar seperti Malaysia dan lainnya.

"Kita menilai, ini bisa dijadikan ikon untuk pariwisata khususnya di Sungai Batang. Ini peluang bagi kita dalam mengembangkan pariwisata agar dapat menarik pengunjung ke desa wisata ini," katanya.

Kembangkan Dua Lokasi Wisata

Sementara itu, Wakil Ketua Pokdarwis Sungai Batang, Rudi Yudistira mengatakan, organisasi itu bakal lakukan program dalam pengembangan pariwisata, sesuai diskusi bersama wali nagari dan camat.

Bahkan kunjungan para petinggi baik dari Sumbar maupun pusat ke Sungai Batang, cukup memotivasi Pokdarwis yang baru beberapa hari ini dikukuhkan dalam memaksimalkan potensi wisata di wilayah itu.

"Ada dua lokasi yang jadi prioritas utama kita untuk dikembangkan sebagai objek wisata di desa wisata Sungai Batang ini," katanya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: