Jalan Tembus dari Kukuban ke Padang Galanggang Tuntas, Ini Harapan Warga ke Bupati Agam

Al Imran | Sabtu, 08-01-2022 | 16:39 WIB | 34 klik | Kab. Agam
<p>Jalan Tembus dari Kukuban ke Padang Galanggang Tuntas, Ini Harapan Warga ke Bupati Agam<p>

Bupati Agam, Andri Warman bersama Ketua Kelompok Tani Kararimbang, Erni dan warga lainnya, meninjau jalan alternatif Kelok 44 yang masih berupa tanah di Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Jumat. (humas)

AGAM (7/1/2021) - Bupati Agam, Andri Warman meninjau jalan pertanian dan perkebunan yang dibuka secara swadaya oleh masyarakat Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Jumat. Jalan tersebut di masa depan, berpotensi jadi jalan alternatif Kelok 44.

"Pembukaan jalan ini sudah dimulai sejak 2018 dengan swadaya masyarakat. Alhamdulillah, jalan ini sudah menembus Jorong Kukuban di Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya sampai ke Padang Galanggang, Kecamatan Matur," ungkap Ketua Kelompok Tani Kararimbang, Erni saat berdialog dengan bupati Agam.

Dijelaskan, jalan yang dibuka ini lebih kurang sepanjang 10 kilometer dengan lebar 9 meter. "Saat ini, masyarakat Maninjau, berharap pada Pemkab Agam untuk dapat memberikan bantuan, agar jalan ini bisa dilanjutkan ketahap pengerasan dan pengaspalan," harap Erni.


Dikatakan, dengan dibukanya jalan ini, banyak manfaat yang bisa dirasakan masyarakat. Yaitu, mempermudah akses masyarakat ke lahan pertanian dan perkebunan, memanfatkan lahan tidur yang selama ini belum terkelola dengan baik.

"Selain itu, jalan ini juga bisa dijadikan sebagai jalan alternatif Kelok 44," jelasnya.

Sementara itu, Andri Warman mengapresiasi masyarakat Maninjau atas pembangunan jalan ini. "Atas nama pribadi dan Pemkab Agam, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah berperan dalam pembukaan jalan alternatif ini," ujarnya.

Karena, katanya, jalan ini nantinya selain mempermudah akses masyarakat dalam mengelola hasil pertanian, juga sebagai jalan penghubung atau jalan alternatif Kelok 44.

Dia mendukung dan akan mengupayakan agar jalan ini dapat segera diselesaikan.

Dikesempatan tersebut, juga dilakukan serah terima berkas dan dokumen terkait pembukaan jalan tersebut dari masyarakat pada bupati Agam, agar kelanjutan pengerjaan jalan tersebut bisa berjalan dengan lancar. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Agam