Kaum Suku Caniago Nagari Manggopoh Lewakan Gala Dt Sirajo

Al Imran | Senin, 10-01-2022 | 19:53 WIB | 619 klik | Kab. Agam
<p>Kaum Suku Caniago Nagari Manggopoh Lewakan Gala Dt Sirajo<p>

Kaum Suku Caniago Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, baralek gadang malewakan gala Dt Sirajo, di Lubuak Jua, Batu Hampa, Manggopoh, Ahad. (humas)

AGAM (9/1/2022) - Kaum Suku Caniago Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, baralekgadang malewakan gala Dt Sirajo, di Lubuak Jua, Batu Hampa, Manggopoh, Ahad. Gelar sako Dt Sirajo ini dilewakan pada Sudirman, yang dilakukan secara adat.

"Selamat pada kaum Suku Caniago yang hari ini menggelar alek batagak gadang malewakan gala pada Sudirman, dengan memangku gelar adat Dt Sirajo," ucap Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt Parpatiah didampingi Edi Busti (Sekdakab Agam).

Menurutnya, kegiatan ini terlaksana bentuk dukungan tokoh adat, masyarakat dan pemerintah nagari, dalam mentradisikan adat budaya Minangkabau di nagari.


Bicara adat budaya, katanya, sejalan dengan program Pemkab Agam, yang berkomitmen mengembangkannya pada kaum muda, sebagai generasi penerus ninik mamak di Minangkabau, khususnya Agam.

"Ini jadi program kita supaya adat ndak lakang dek paneh, ndak lapuak dek hujan, diasak indak layua, dibubuik indak mati," ujar Irwan Fikri.

Dia berharap ninik mamak bisa bersatu dan bersinergi dengan pemerintah, dalam mewujudkan Kabupaten Agam yang lebih maju di bidang adat budaya ini.

"Penegakan adat budaya jangan hanya seremonial saja, tapi hendaknya nilai ini mengakar pada sikap perilaku masyarakat," pintanya.

Dikatakan, sikap perilaku masyarakat sehari-hari hendaknya sejalan dengan nilai adat budaya Minangkabau, sehingga ke depan akan lahir generasi berkarakter jadi penerus ninik mamak saat ini. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kabar Daerah