Keju Mozzarella Sudah Bisa Dipesan di Serambi Milk Padang Panjang

Senin, 10 Januari 2022, 20:14 WIB | Bisnis | Kota Padang Panjang
Keju Mozzarella Sudah Bisa Dipesan di Serambi Milk Padang Panjang
Wako Padang Panjang, Fadly Amran ikut melakukan proses pembuatan Keju Mozzarella di Serambi Milk Padang Panjang. (kominfo)

PADANG PANJANG (9/1/2022) - Bantuan mesin pembuat Keju Mozzarella untuk Serambi Milk, menandai Padang Panjang sebagai salah satu kota penghasil keju di Sumatera Barat. Serambi Milk merupakan kluster usaha binaan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Pembuatan Keju Mozzarella ini, dipandu langsung Widyaiswara Balai Besar Pelatihan Peternakan di Kota Batu, Jawa Timur, Dr Dodik Suprapto.

"Keju Mozzarella ini membutuhkan produksi susu sapi yang banyak. Karena, hanya 10% dari total susu sapi yang diproses jadi Keju Mozzarella," ungkap Dodik.

"Misalnya, dari 1.000 liter susu sapi, kita hanya menghasilkan 100 kg Keju Mozzarella," tambah Dodik disela pelatihan pembuatan Keju Mozzarella.

Baca juga: Pj Wako Ajak Gubernur Sumbar Kulineran di Paskul Padang Panjang, Ini Saran Mahyeldi

Mendapatkan bantuan peralatan sekaligus pelatihan, pengelola Serambi Milk, Ridwansyah menyebutkan, produksi Keju Mozzarella ini akan segera dipasarkan di Padang Panjang.

"Hari ini, kita sudah melakukan testing pembuatan dan berhasil dengan kualitas yang sangat bagus. Setelah kita bekukan, besok sudah bisa di-order langsung ke Serambi Milk," tuturnya.

Keju Mozzarella ini, katanya, nantinya terdapat tiga level. Mulai dari premium sampai ke biasa. Yang premium tidak ada campuran di dalamnya. Hanya susu saja. Untuk harga, juga akan berbeda nantinya.

"Dengan adanya produksi Keju Mozzarella ini, kita akan membutuhkan susu sapi perah yang banyak. Yang mana, biasanya tiga sampai empat hari, susu perah ini sudah tidak bisa digunakan lagi. Namun dengan adanya produksi Keju Mozzarella, susu tersebut langsung kita proses dan bisa bertahan sampai enam bulan ke depan," ucap Ridwansyah.

Baca juga: Pascalongsor, Jalinsum Solok-Padang Panjang Bisa Dilalui Sabtu Sore Ini

Ia mengimbau pelaku UMKM dan masyarakat yang membutuhkan Keju Mozzarella, bisa membelinya mulai Selasa (11/1/2022) ke Serambi Milk, Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur. (ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: