Kerajinan Batik dan Sulaman Benang Emas Ditampilkan di Peragaan Busana Hari Jadi Pasbar

Senin, 10 Januari 2022, 21:20 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Kerajinan Batik dan Sulaman Benang Emas Ditampilkan di Peragaan Busana Hari Jadi Pasbar
Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi bersama Titi Hamsuardi (Ketua Dekranasda), tampil di fashion show dengan busana kerajinan batik Desa Baru dan sulaman benang emas Air Bangis, di Balerong Pusako Anak Nagari, Senin. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (10/1/2022) - Kerajinan batik Desa Baru dan sulaman benang emas Air Bangis merupakan kekayaan khas Kabupaten Pasaman Barat. Demi industri garmen ini, Pemkab Pasbar menggelar fashion show atau peragaan busana batik dan sulaman benang emas, di Balerong Pusako Anak Nagari, Senin.

Peragaan busana tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pasaman Barat (Pasbar) yang ke-18 tahun 2022. Acara dibuka Bupati Pasbar, Hamsuardi didampingi Risnawanto (wakil bupati) dan Hendra Putra (Sekda).

Fashion show diikuti pasangan suami atau istri di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meliputi bupati, wakil bupati, staf ahli, asisten, kepala OPD, kabag, camat, dan wali nagari induk di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat.

Dalam sambutannya, Hamsuardi mengatakan fashion show atau peragaan busana yang digelar menggunakan batik khas Desa Baru dan sulaman benang emas Air Bangis. Ia berharap, kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan OPD terkait, melakukan pembinaan terhadap pengrajin dan UKM Pasbar untuk menaikkan perekonomian.

Baca juga: TSR Provinsi Kunjungi Masjid Raya Kapundung, Ini Kata Bupati Pasbar

"Hari ini kita menggelar peragaan busana batik Desa Baru dan sulaman benang emas Air Bangis. Telah kita lihat bersama apa yang mereka hasilkan hari ini."

"Kita berharap, Dekranasda dan OPD yang membidangi, melakukan pembinaan sedikit demi sedikit untuk menaikkan perekonomian kita. Jika sudah kita jual ke Jakarta nantinya, pengrajin akan menjadi sejahtera. Mari berpikir untuk memajukan Pasbar bersama," tambah Hamsuardi.

Selanjutnya, ia sepenuhnya yakin dan percaya seluruh OPD dengan keinginan dan kegigihan bersama Pasbar akan maju dan sejahtera. Ia juga berharap, semua pihak bahu membahu mendorong komoditas unggulan Pasbar lainnya seperti jagung, alpukat, telur dan potensi lainnya.

"Saya berharap, kita semua akan sejajar dengan kabupaten/kota lainnya. Saya terus memikirkan pembangunan Pasbar, bagaimana masyarakat terpencil dapat menikmati sarana prasarana seperti yang kita rasakan. Dengan kegigihan kita bersama, akan kita wujudkan Pasbar yang sejahtera," ujar Hamsuardi.

Baca juga: Hamsuardi Ikuti Rapat Penanganan Dampak Banjir Bersama Menko PMK, Ini Kerusakan di Pasbar

Sementara itu, Ketua Dekranasda, Titi Hamsuardi menjelaskan, kegiatan peragaan busana batik dan sulaman benang emas akan dinilai oleh dewan juri profesional yakni Yadirsyah Zunur dan Novia Hertini yang merupakan Fashion Designer serta Ramadani Saputra sebagai Koreografer dan Heru Lesmana sebagai Profesional Model.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: