Optimalkan Capaian Vaksinasi, Riza Falepi: Kalau Perlu Jemput dengan Mobil Dinas

Al Imran | Selasa, 11-01-2022 | 20:36 WIB | 619 klik | Kota Payakumbuh
<p>Optimalkan Capaian Vaksinasi, Riza Falepi: Kalau Perlu Jemput dengan Mobil Dinas<p>

Wako Payakumbuh, Riza Falepi bersama jajaran, akan optimalkan waktu selang tiga hari ini untuk capai target vaksinasi Covid19, dalam rapat di kantor balai kota, Senin. (humas)

PAYAKUMBUH (10/1/2022) - Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi memerintahkan jajarannya untuk bisa mengejar sasaran vaksinasi Covid19. Tujuannya, apabila varian baru virus corona masuk ke kota yang berjuluk The City of Randang ini, warganya sudah diimunisasi.

"Persoalan Covid19 belum berakhir, mumpung belum datang varian yang baru dari virus ini, justru itu kita giat membangun herd immunity dengan memberikan vaksinasi pada masyarakat," ungkap Riza saat memimpin apel pagi di Ruang Ngalau Indah Lantai 3 balai kota, Senin.

Sebagai kota dengan birokrasi yang baik di level nasional, Riza meminta kepala OPD, camat dan lurah di Kota Payakumbuh, saling bekerjasama melakukan tugas ini dalam 3 hari kedepan.


Diawali dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat usia 12 tahun keatas untuk sasaran vaksinasi dan juga kepada siswa sekolah usia 6 sampai 11 tahun, karena sudah diperbolehkan pemerintah pusat.

"Mohon dinas terkait lakukan sosialisasi pada siswa sekolah dan orang tua," kata Riza.

Dia menegaskan, setiap OPD dibuatkan surat perintah tugas untuk membantu setiap kelurahan, dimana sasaran vaksinasi memprioritaskan Lansia atau Manula. Riza meminta kepala dinas memberikan pelayanan prima kepada masyarakatnya untuk ini.

"Kalau perlu, mobil untuk menjemput pakai saja mobil dinas. Itu kan dibeli pakai uang rakyat. Tolong semuanya turun lapangan dalam 3 hari ini menyelesaikan Covid19, sehingga kita bisa pindah ke urusan lain," tukas Riza.

"Lakukan dengan respon lebih cepat, terutama dinas-dinas yang banyak staff di bawah. Kerja yang tak urgen benar bisa ditunda dulu," tegasnya.

Terakhir, Riza meminta kepada jajarannya agar mempertahankan bekerja dengan baik, karena dengan cara ini orang-orang akan memandang bagaimana kinerja pemerintahnya.

"Orang akan melihat apakah kita bekerja dengan benar, mulai dari melakukan pekerjaan hingga urusan keuangan, hilangkan kebiasaan lama yang kurang baik."

"Payakumbuh sudah bagus, anda adalah partner dan teman saya. Kalaupun saya marah, itu kan karena demi pekerjaan dan marahnya habis di situ saja. Ini jadi bagian tugas wali kota, kita menjaga amanah dari rakyat dengan baik," ujar Riza.

Ditegaskannya, level Pemko Payakumbuh sudah top di Indonesia, sudah masuk 20 besar top nasional untuk SAKIP, perizinan dan segala macamnya.

"Tidak lama lagi, saya selesai masa jabatan sebagai wali kota. Kita harus pertahankan semua prestasi itu. Dengan menjaga kerja seperti ini, siapapun wali kotanya nanti sesudah saya, maka dia akan berfikir dua kali untuk bermain-main," kata Riza.

Dari data Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, vaksinasi sudah mencapai 82 persen di Kota Payakumbuh. Riza meminta angkanya bisa terus dinaikkan menjadi lebih dari itu kalau bisa.

"Kalau tidak ada lagi yang mau divaksin ya sudah, tapi dasarnya harus jelas. Mereka yang menolak divaksin, harus membuat surat pernyataan kenapa tidak mau ikut vaksinasi, biar bisa pula kita memberikan keterangan ke pemerintah provinsi dan pusat," pungkasnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar