Terkenal di Mancanegara: Kementan Minta Padang Panjang Segera Patenkan Homalomena Frog

Rabu, 12 Januari 2022, 09:59 WIB | Bisnis | Kota Padang Panjang
Terkenal di Mancanegara: Kementan Minta Padang Panjang Segera Patenkan Homalomena Frog
Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Liferdi memberikan arahan pada kegiatan Temu Teknis Pengembangan Hortikultura Kota Padang Panjang di Aula Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Selasa.

PADANG PANJANG (11/1/2022) - Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Liferdi meminta Pemerintah Kota Padang Panjang segera mematenkan Homalomena Frog, tanaman hias lokal yang berasal dari Kota Padang Panjang.

Hal tersebut disampaikan Liferdi saat bertemu dengan Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran dalam acara Temu Teknis Pengembangan Hortikultura Kota Padang Panjang di Aula Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Selasa.

Dikatakan Liferdi, tanaman Homolomena Frog sudah terkenal ke mancanegara. Tanaman ini bernilai ekonomi dan bisa diekspor ke negara mana saja.

"Saya minta ini segera ditindaklanjuti Pemko bahwasannya tanaman ini berasal dari Padang Panjang. Jangan sampai ada pihak lain nantinya yang mematenkan ini," katanya.

Baca juga: Sukses di Kelurahan Busur, Fadly Amran Minta Pola Pembangunan ala Kotaku Diadopsi

Sementara, Kepala Dispangtan, Ade Nafrita Anas menyampaikan, tanaman ini merupakan tanaman hias lokal yang dianggap biasa saja di sini. Namun, ternyata diminati oleh pecinta tanaman hias di luar negeri.

"Banyak negara yang meminati tanaman ini. Ke depan akan kita tindak lanjut hal ini," katanya.

Fadly berterima kasih kepada pihak Kementan, karena telah bekerja sama dengan Dispangtan Padang Panjang. Ini merupakan salah satu wujud untuk membangkitkan sektor pertanian di Padang Panjang.

"Tidak tertutup kemungkinan Padang Panjang bisa jadi kota bunga. Cuaca kota ini sangat mendukung dan petaninya sangat kreatif," kata Fadly.

Baca juga: Cabor Petanque Bakal Dilombakan di Porprov 2023, Fadly Amran: Semoga jadi Penyumbang Emas

Untuk mewujudkan ini, sebut Fadly, perlu adanya kerja sama semua pihak, baik perbankan maupun pihak lainnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: