Posko Pengamanan Terpadu Pantai Padang akan Dibangun di Lapau Panjang Cimpago

Al Imran | Jumat, 14-01-2022 | 14:56 WIB | 676 klik | Kota Padang
<p>Posko Pengamanan Terpadu Pantai Padang akan Dibangun di Lapau Panjang Cimpago<p>

Wako Padang, Hendri Septa saat memimpin rapat koordinasi tentang objek wisata di kawasan pantai, Kamis. (humas)

PADANG (13/1/2022) - Pantai merupakan salah satu primadona dari sekian banyak objek wisata di Kota Padang. Pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia tersebut, kerap jadi alasan utama tujuan kunjungan wisatawan lokal bahkan mancanegara mengunjungi ibu kota provinsi Sumbar ini.

"Kita berkomitmen untuk menjadikan Pantai Padang sebagai objek wisata aman dan nyaman bagi pengunjung sehingga pengunjung itu tertarik untuk datang kembali," ungkap Wali Kota Padang, Hendri Septa, saat memimpin rapat koordinasi tentang objek wisata unggulan, Kamis.

Rapat koordinasi yang melibatkan unsur terkait ini juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Endrizal, Raju Minropa (Plt Kepala Dinas Pariwisata), Mairizon (Kepala DLH) serta Mursalim (Kasat Pol PP) dan perwakilan OPD lainnya.


Hendri tak menampik, masih dijumpai kejadian yang tak diinginkan terdapat di kawasan Pantai Padang. Seperti, terjadinya pungutan liar (Pungli), pemalakan serta pembayaran parkir tidak sesuai tarif yang ditentukan. Kemudian, soal kebersihan pantai yang tak terjaga dengan baik.

"Rapat ini untuk menyepakati beberapa hal terkait penataan kawasan Pantai Padang ke depan. Kita juga berharap kepada masyarakat dan pengunjung untuk sama-sama menjaga keindahan, kebersihan serta keamanan dan kenyamanan di pantai ini," harapnya.

"Sebagai ikon wisatanya Kota Padang, kita berharap Pantai Padang dapat menyajikan kesenangan, kenyamanan dan keamanan bagi setiap orang yang berkunjung tentunya," tambah Hendri.

Sementara itu, Raju Minropa memastikan, Dinas Pariwisata siap menjaga kawasan objek wisata Pantai Padang agar senantiasa kondusif serta nyaman dan aman bagi pengunjung.

"Sejauh ini kita sudah melakukan upaya demi menjaga Pantai Padang agar kondusif serta bebas dari hal-hal yang tak diingini. Baik itu pemalakan, pungli, bersih dari sampah serta juga menata pedagang kaki lima (PKL) agar berjualan sesuai aturan," terang Raju.

"Alhamdulillah, dalam rapat koordinasi yang dipimpin bapak Wali Kota kali ini kita telah menyusun konsep untuk mewujudkan Pantai Padang yang tertata dengan baik dan selalu kondusif," sebutnya.

Disebutkan Raju, sejumlah poin penting telah disepakati sebagai upaya dan langkah yang akan dilakukan ke depan.

Di antaranya, melakukan penertiban bagi PKL dan pengelolaan parkir di sepanjang kawasan Pantai Padang agar sesuai dengan aturan.

"Seluruh PKL, dalam waktu dekat akan kita berikan surat pengumuman untuk senantiasa menjaga kebersihan di lokasi mereka berusaha, termasuk tidak memasang tenda ceper," jelasnya.

Untuk pengelolaan parkir, sambung dia, petugas wajib memiliki identitas yang jelas seperti rompi dan pening parkir resmi dari Dinas Perhubungan Kota Padang.

"Kita juga akan memasang baliho terkait tarif parkir resmi dan hal terkait lainnya yang mesti diterapkan di Pantai Padang. Selain itu untuk lebih menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanan pengunjung juga telah disepakati akan ada penugas personil Sat Pol PP yang di BKO-kan dalam pengawasan berkelanjutan di kawasan wisata tersebut," tukas Raju.

Untuk mencegah terjadinya Pungli atau pemalakan, Dinas Pariwisata akan menyiapkan Posko Pengamanan Terpadu Pantai Padang sebagai tempat layanan pengaduan yang bertempat di Lapau Panjang Cimpago (LPC).

"Untuk upaya ini, sudah disiapkan nantinya petugas dari personil Sat Pol PP bersama Koramil dan Polsek Padang Barat yang bersiaga rutin di lokasi," pungkasnya. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar