PAW Anggota Fraksi PKS DPRD Sumbar Dapil Agam-Bukittinggi, Rahmat Saleh: Surat Telah Diajukan

Sabtu, 15 Januari 2022, 19:39 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
PAW Anggota Fraksi PKS DPRD Sumbar Dapil Agam-Bukittinggi, Rahmat Saleh: Surat Telah...
Sekretaris PKS Sumatera Barat, Rahmat Saleh.

PADANG (15/1/2022) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Barat telah mengajukan surat pergantian antar waktu (PAW) ke pimpinan dewan, terkait kekosongan kursi partai itu dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat III yang meliputi Kabupaten Agam dan Kota Bukitinggi.

"Suratnya telah kita diajukan Fraksi PKS DPRD Sumbar ke pimpinan dewan. Semoga tidak ada kendala dalam proses lebih lanjutnya nanti," ungkap Sekretaris PKS Sumatera Barat, Rahmat Saleh, saat dikonfirmasi, Sabtu.

PAW ini diajukan untuk mengisi kekosongan kursi PKS pacameninggal dunianya Rinaldi SP Dt Rajo Mangkuto akibat mengalami kecelakaan tunggal di Tanah Sirah, Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam pada 25 November 2021 lalu.

Pada Pemilu 2019 lalu, PKS mengajukan delapan orang kader terbaiknya untuk bertarung memperebutkan suara rakyat. Dari dokumen Model DC-1 DPRD Provinsi KPU Sumatera Barat diperoleh data, PKS berhasil mengumpulkan 57.574 suara, terdiri dari 47.387 suara rakyat Agam dan 10.187 suara rakyat Bukitinggi.

Baca juga: Rahmat Saleh Fasilitasi 130 Millenial Enterpreneur Ikuti Peningkatan Kapasitas

Dengan perolehan suara sebanyak itu, PKS berhak mendapatkan dua kursi dari Dapil Sumbar III dengan metode penghitungan Sainte League yang jadi metode penghitungan perolehan kursi parlemen di Pemilu 2019 lalu.

Dua kursi tersebut, ditempati dua kader peraih suara terbanyak 1 dan 2 yakni Caleg Nomor Urut 4, Rinaldi SP Dt Rajo Mangkuto dengan perolehan suara 10.488. Kursi kedua ditempati peraih suara terbanyak kedua yakni Caleg Nomor Urut 2, H Rafdinal SH dengan perolehan suara 10.338.

Sementara, peraih suara terbanyak ketiga PKS dari Dapil Sumbar III ini, ditempati Caleg Nomor Urut 1, H Marfendi Dt Basa Balimo dengan perolehan suara sebanyak 8.486. Selanjutnya, suara terbanyak keempat ditempati Caleg Nomor Urut 5, Drs H Asra Faber MM dengan 6.538 suara.

Selanjutnya, peraih suara terbanyak kelima, ditempati Caleg Nomor Urut 3, Candra Gumilarti SP (perempuan) dengan perolehan 5.904 suara. Peraih suara terbanyak keenam yakni Caleg Nomor Urut 8, Rahmiy Nailu Syahadah Lc (perempuan) dengan perolehan 2.360 suara.

Baca juga: Politisi Demokrat Tuding Nama RS "Dijual" Oknum Ring 1 demi Proyek, Ini Serangan Balik Sekum PKS

Lalu, peraih suara terbanyak ketujuh ditempati Caleg Nomor Urut 6, Desmaniar Kadir SPdI (perempuan) dengan perolehan 2.175 suara dan peraih suara terbanyak kedelapan merupakan Caleg Nomor Urut 7, Nosfianra dengan 917 suara.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: