Guru SMP, MTs dan MA Dilatih Metode Pelajaran Berbasis Proyek

Senin, 17 Januari 2022, 17:34 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Guru SMP, MTs dan MA Dilatih Metode Pelajaran Berbasis Proyek
Ketua Dewan Pendidikan Padang Panjang, Fauziah Fauzan El Muhammady memberikan pelatihan tentang pelajaran berbasis proyek, Senin. (kominfo)

PADANG PANJANG (17/1/2022) - Dewan Pendidikan Kota Padang Panjang bekerjasama dengan Diniyyah The Training Center menggelar pelatihan Project Base Learning bagi guru SMP pada Senin ini. Untuk guru MTs dan MA, digelar Selasa (18/1/2022) di Aula Diniyyah Puteri.

Pelatihan ini merupakan upaya untuk memberikan wawasan pada guru tentang pelajaran berbasis proyek (kini disyaratkan dalam kurikulum 2022). Sehingga, para guru mampu membimbing siswa dalam menghasilkan proyek dari materi pelajaran yang sudah didapatkan.

Kegiatan hari pertama untuk guru SMP se-Kota Padang Panjang, dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), M Ali Tabrani. Adapun narasumber yaitu Ketua Dewan Pendidikan, Fauziah Fauzan El Muhammady dan Laili Ramadani.

Ali Thabrani mengapresiasi Dewan Pendidikan karena sudah peduli dengan pendidikan di Kota Padang Panjang dengan langsung memberikan pelatihan pada guru begitu juga dengan Diniyyah The Training Center.

Baca juga: Semarak Ramadhan di Kota Padang Panjang, Dari Itikaf, Berbagi Berkah hingga Tadarusan

"Mudah-mudahan, kegiatan ini memberikan pencerahan pada guru di lingkungan pendidikan Kota Padang Panjang," katanya.

Dikatakan Ali, saat ini kurikulum yang diterapkan ialah kurikulum prototipe melanjutkan arah pengembangan kurikulum sebelumnya.

Diarahkan kepada project base learning. "Rohnya sudah ada dari dulu. Pembelajaran yang bermakna harus ditemukan di lapangan dan dapat dijalankan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Kemudian, tambahnya lagi, mendorong anak mampu memiliki karakter pelajar Pancasila. Dengan enam karakter yaitu beriman bertaqwa dan berakhlak mulia, mandiri, berkebhinekaan global, gotong royong, bernalar kritis dan mandiri.

Baca juga: Kerugian Warga Padang Panjang Akibat Erupsi Gunung Marapi Capai Rp13 Miliar

Sementara, Fauziah Fauzan berharap, pelatihan ini bisa dikembangkan para guru. Kemudian, mampu menjadi percontohan bagi daerah lain.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: