500 Santri Ponpes Muallimin Ikuti Parade Tasmi'

Senin, 17 Januari 2022, 18:22 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
500 Santri Ponpes Muallimin Ikuti Parade Tasmi'
Santri Pondok Pesantren Tahfiz Quran (PPTQ) Muallimin Muhammadiyah Pakan Sinayan, Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek menggelar parade Tasmi', Senin. (humas)

AGAM (17/1/2022) - Dalam rangka melahirkan para penghafal al Quran yang andal, Pondok Pesantren Tahfiz Quran (PPTQ) Muallimin Muhammadiyah Pakan Sinayan, Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek menggelar parade Tasmi'.

Selain menampilkan kefasihan hafalan al Quran para santri, parade tersebut sebagai upaya mendukung program Kabupaten Agam dalam melahirkan hafidz Quran.

Kepala MTs PPTQ Muallimin Muhammadiyah, Y Dt Maka mengatakan, kegiatan yang diikuti 500 peserta dari tingkat MTs dan Aliyah yang menempuh pendidikan Ponpes itu, dimaksudkan memotivasi santri agar mampu melebihi target hafalan Quran.

"Acara ini sejalan dengan tujuan pondok kami, melahirkan hafidz Quran yang mana juga mendukung program Kabupaten Agam di bidang keagamaan," ujarnya, Senin.

Baca juga: Koni Agam Gagas One Cabor One Event, Edi Busti: Geliatkan Olah Raga Sekaligus Pemulihan Ekonomi

Dijelaskan, pada parade itu para peserta menampilkan hafalannya yang kemudian dinilai oleh guru pembimbing.

Selanjutnya, para guru memberikan tanggapan atas penampilan terkait kesalahan dalam bacaan santri baik dari tajwid dan jumlah hafalan.

Melalui Parade Tasmi' Quran, para guru melakukan seleksi ketat terhadap para murid, dari 500 santri yang ikut hanya 24 orang yang dinyatakan lolos.

"Bagi santri terbaik, nantinya akan diberikan reward berupa piagam penghargaan dan tabanas," sebutnya.

Baca juga: Koni Agam Desak Provinsi Pastikan Pelaksanaan Porprov XVI Tahun 2025, Ini Alasannya

Y Dt Maka mengungkapkan, Parade Tasmi' yang digelar Ahad (16/1/2022) malam itu, merupakan tahap pertama. Santri yang tidak lolos bisa lebih meningkatkan kualitas hafalan pada parade gelombang ke-2 yang akan dilaksanakan pekan depan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: