Menangi Persaingan Kerja, Nevi: Generasi Muda Mesti Punya Kompetensi dan Integritas

Jumat, 21 Januari 2022, 06:31 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Menangi Persaingan Kerja, Nevi: Generasi Muda Mesti Punya Kompetensi dan Integritas
Tangkapan layar Anggota Fraksi PKS DPR RI, Nevi Zuairina saat jadi pamateri pada Sumbar Leader Forum.

JAKARTA (20/1/2022) - Anggota DPR RI asal Sumatera Barat II, Hj Nevi Zuairina menegaskan, generasi muda harus memiliki kompetensi dan integritas dalam upaya memenangi persaingan di dunia kerja.

"Perlu dilakukan pembinaan karakter sejak dini sebagai langkah preventif untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Ini jadi agenda penting dan mendesak, sebelum berbicara banyak hal. Kalau karakter ini sudah terbentuk, maka dimanapun pemuda berada, Insya Allah pasti akan menjadi problem solver dan sukses dalam karir atau usaha yang dijalaninya," tutur Nevi saat jadi pembicara pada webinar Sumbar Leader Mentor Camp, Sabtu pekan lalu.

Legislator Perempuan dari PKS ini menekankan, ada keragaman yang kompleks pada anak-anak muda bangsa ini. Ada yang masih berpotret buram, ada juga yang telah mengharumkan nama bangsa di mata dunia lewat berbagai prestasi.

Keragaman ini, menurutnya, mesti dapat dikelola dengan baik sehingga memberikan porsi lebih besar pada energi positif di kalangan anak muda dan menekan sekecil-kecilnya segala dampak yang negatif.

Baca juga: PLN Bantu Rp75 Juta, Warga Ikut Berpartisipasi, Hasilnya Jalan Usaha Tani Sepanjang 300 Meter

Anggota Komisi VI DPR RI ini mengingatkan, masa depan bangsa ini akan sangat tergantung pada generasi muda saat ini. Untuk itu, semua perkembangan ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk membangun bangsa ini, baik secara fisik maupun secara karakter, harus diperkuat dengan berbagai sarana dan fasilitas yang ada.

Apa yang dilakukan pemuda hari ini, maka seperti itulah bentuk wajah suatu bangsa masa depan. Itu juga berlaku untuk pemuda Minangkabau sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan republik Indonesia ini.

Nevi mengajak seluruh elemen bangsa, agar dapat memperhatikan tumbuh kembangnya pemuda negeri ini agar mereka tidak salah langkah dan keliru dalam mencari panutan yang akan ditiru dan diikuti tingkah lakunya.

"Saya yakin pemuda Minangkabau dengan falsafah adat basandi syara', syara' basandi kitabullah, mampu meneladani Rasulullah SAW sebagai suri tauladan umat Islam dan pemimpin terbaik umat manusia.," kata Nevi.

Baca juga: Nevi Zuairina: Pendidikan Agama jadikan Siswa Individu yang Bertanggungjawab

"Setiap pemuda harus menempa dirinya agar memiliki kekokohan mental dan spiritual. Kriteria pemuda yang disiplin, rajin, pantang menyerah, kerja keras, pintar, dan lain-lain akan membawa sosok yang tangguh dan percaya diri."

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: