Bupati Agam: Perantau Berperan Besar dalam Pembangunan di Kampung Halaman

Al Imran | Minggu, 23-01-2022 | 15:24 WIB | 594 klik | Nasional
<p>Bupati Agam: Perantau Berperan Besar dalam Pembangunan di Kampung Halaman<p>

Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Andri Warman (Bupati Agam) dan tokoh perantau Minang yang tergabung dalam IKLA, foto bersama usai peringatan Milad ke-21, di Pekanbaru, Sabtu. (humas)

PEKANBARU (22/1/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi bersama Andri Warman (Bupati Agam) menghadiri Milad Ikatan Keluarga Luhak Agam Riau (IKLA) Riau ke-21 di Grand Suka Hotel, Kota Pekanbaru, Sabtu.

"Usai yang ke-21 ini, tentu merupakan wujud dari kuatnya ikatan sesama perantau terhadap nagari asalnya. Angka 21 tahun ini bukan lah waktu yang singkat," ungkap Mahyeldi saat memberikan sambutan.

Milad IKLA ini, menurut Mahyeldi, juga mengingatkan akan kelebihan masyarakat Minangkabau yaitu semangat bernagari yang sangat kuat. Kemana pun merantau, ikatan pada nagari tetap erat dan terus dipelihara.


"Mari terus kita sinergikan potensi ranah dan rantau, karena potensi kebangkitan tak hanya bergantung pada pemerintah, tetapi juga berada pada sinergitas dengan masyarakat. Perantau bersatu, perantau sukses, masyarakat Minang sukses, Sumatera Barat juga akan sukses," ungkap Mahyeldi.

Tiga Pilar Pembangunan Agam

Sementara, Andri Wawrman yang datang bersama istri, Yenni Andri Warman berharap, IKLA tetap kuat dan berjaya dengan pengabdian terbaiknya terhadap pembangunan di daerah, khususnya Kabupaten Agam.

"Keberadaan IKLA Riau telah memberikan kontribusi yang besar dalam menjalin silaturrahmi antar warga Agam di Provinsi Riau dan sekitarnya. Semoga Milad ini dapat dijadikan ajang untuk lebih baik kedepannya," ujarnya.

Dikatakan Andri Warman, Kabupaten Agam dibangun berdasarkan tiga pilar yaitu pemerintah, masyarakat di kampung halaman dan perantau. Hubungan harmonis dari ketiga elemen ini, menurutnya, perlu dijaga untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

"Kontribusi dan eksistensi perantau terhadap kampung halaman dan kemajuan pembangunan, terbilang cukup tinggi. Semoga hal ini dapat dijaga dan ditingkatkan," pungkasnya.

Andri Warman juga mengucapkan terimakasih pada IKLA Riau, yang telah membuat program-program untuk membangun kebersamaan antar perantau dan masyarakat Agam di kampung halaman.

"Tetap jaga marwah Rang Agam dan senantiasa menjunjung tinggi filsafah 'Dimana Bumi Dipijak, Disitu langit Dijunjuang," harapnya

Milad IKLA Provinsi Riau tersebut turut dihadiri Gubernur Riau diwakili Asisten I, Masrul Kasmy, Ketua IKLA Nusantara, Bachtiar Chamsyah, Wali Kota Bukittingi, Erman Safar, Pendiri IKLA, Aristo Munandar, Ketua DPRD Agam, Novi Irwan, Ketua IKMR Riau, Marjoni Hendri, Ketua IKLA Riau, HM Hanafi, tokoh-tokoh minang dan lainnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar