Ini Manfaat yang Dirasakan Serley Wahyuni jadi Peserta ITF Ruangguru

Minggu, 23 Januari 2022, 15:57 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Ini Manfaat yang Dirasakan Serley Wahyuni jadi Peserta ITF Ruangguru
Wako Padang Panjang, Fadly Amran bersama Serley Wahyuni, salah seorang peserta ITF yang digelar Ruangguru bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sabtu. (kominfo)

PADANG PANJANG (23/1/2022) -- Jadi pengajar dimasa pandemi, tidaklah mudah. Itu yang dirasakan Serley Wahyuni, guru SMPN 4 Padang Panjang yang masih tergolong usia muda, 26 tahun.

Serley guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ini, merupakan salah satu peserta program Indonesia Teaching Fellowship (ITF) yang diadakan Ruangguru atas fasilitasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Ini merupakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru.

Melalui program ITF ini, Serley berkeinginan, untuk menghadapi tantangan menjadi peserta didik di zaman sekarang.

"Saya sendiri merasakan, untuk jadi peserta didik pada zaman sekarang harus meningkatkan kompetensi. Terlebih dibidang teknologi," ujar Serley, Sabtu.

Baca juga: Tahun 2022 Disepakati 14 Ranperda Inisiatif: Agenda Wakil Rakyat di DPRD Agam Padat, 10 Ranperda Inisiatif masih di Pembahasan Tingkat I

Setelah mengikuti ITF, banyak perubahan dan manfaat yang didapatkan Serley. Seperti adanya layanan konseling dari Ruangguru dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi saat mengajar. Kemudian, adanya suatu program kebiasaan yang diajarkan Ruangguru.

"Kami dibiasakan untuk menonton video, dibiasakan untuk memahami materi, merancang pembelajaran, dan melaksanakan suatu pembelajaran yang bermakna. Ini sangat meningkatkan kompetensi para guru," tuturnya.

Serly merasakan manfaat dari program ITF Ruangguru ini, baik secara internal maupun eksternal. Dukungan keluarga yang diterima juga membuat Serley menikmati program ITF yang didapatkannya. Ia didukung untuk selalu aktif dalam mengikuti program tersebut.

Selain dukungan keluarga, Serley juga mendapatkan dukungan dari pihak sekolah. Seperti saat pelaksanaan pelatihan secara zoom meeting, ia diberikan waktu dan ruang agar bisa mengikuti pelatihan dengan baik.

Baca juga: Asrul Nilai Kompetensi Guru Meningkat Pascaikut ITF Ruangguru

"Dukungan dari orang-orang terdekat saya terima dengan baik. Alhamdulillah saya mendapatkan Best Teacher untuk tingkat SMP," ungkapnya. (ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: