Fadly Amran Minta Koleksi PDIKM Didigitalisasi, Dikerjakan Siswa SMPN 6

Jumat, 28 Januari 2022, 10:16 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Fadly Amran Minta Koleksi PDIKM Didigitalisasi, Dikerjakan Siswa SMPN 6
Wako Padang Panjang, Fadly Amran.

PADANG PANJANG (27/1/2022) - Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran meminta ada pembenahan dan inovasi pembaruan terhadap koleksi yang ada di PDIKM (Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau).

Hal ini adalah sebagai bentuk perhatian khususnya terhadap keberadaan pusat informasi tentang Minangkabau yang berada di Kota Padang Panjang itu.

Hal ini disampaikan Fadly dalam rapat yang diikuti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kamis di Ruangan VIP Balai Kota.

Pembenahan dan inovasi itu, kata Fadly, dilakukan melalui duplikasi bagian yang hilang atau rusak, mendigitalisasi arsip dan menambah unsur story telling atau informasi digital yang akan dikolaborasikan dengan object base hasil kreasi dari SMPN 6 Padang Panjang.

Baca juga: Sukses di Kelurahan Busur, Fadly Amran Minta Pola Pembangunan ala Kotaku Diadopsi

"Ini (harus) betul-betul menjadi bagian capaian kita di tahun ini, khususnya di PDIKM. Saya mau PDIKM ini telah memenuhi standardisasi museum," ucapnya.

Dalam rapat yang juga dihadiri Setdako, Sonny Budaya Putra ini, Fadly mengingatkan untuk pentingnya menjaga arsip, penataan dan inovasi yang menambah nuansa PDIKM bagi pengunjung.

"Koleksi PDIKM dalam bentuk reproduksi buku, foto, mikrofilm, naskah, kliping koran, yang sebagian di antaranya masih berbahasa Belanda dan Arab Melayu, merupakan arsip berharga yang nanti akan menjadi barang antik yang harus kita jaga," ujarnya.

Dikatakannya, digitalisasi ini sebagai bagian sejarah, upaya menyelamatkan warisan pengetahuan kepada anak cucu nantinya. Juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada keluarga Bustanul Arifin yang telah merintis berdirinya PDIKM ini.

Baca juga: Cabor Petanque Bakal Dilombakan di Porprov 2023, Fadly Amran: Semoga jadi Penyumbang Emas

"Jangan sampai beberapa tahun yang akan datang, kita kehilangan arsip yang sangat berharga ini. Untuk itu, perlu dilakukan duplikasi dan penyimpanan koleksi yang asli," katanya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: