Wabup Pasbar Lepas 100 Ekor Tukik Bersama Penggiat Konservasi Penyu Maligi

Sabtu, 29 Januari 2022, 15:19 WIB | Wisata | Kab. Pasaman Barat
Wabup Pasbar Lepas 100 Ekor Tukik Bersama Penggiat Konservasi Penyu Maligi
Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto bersama penggiat konservasi penyu maligi, foto bersama usai melepas 100 ekor tukik (anak penyu) di Jorong Pantai Indah, Nagari Persiapan Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Jumat sore. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (28/1/2022) - Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto melepas 100 ekor tukik (anak penyu) bersama Kelompok Konservasi Penyu Maligi di Jorong Pantai Indah, Nagari Persiapan Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Jumat sore.

"Setelah perjuangan panjang Kelompok Konservasi Penyu Maligi, akhirnya tukik siap dilepas ke laut Maligi, demi menjaga ekosistem alam dengan baik," ungkap Risnawanto usai pelepasan tukik.

Dalam kegiatan tersebut, Risnawanto didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Zulfi, Randy Hendrawan (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari), Ferdinan Ujang (Camat Sasak Ranah Pasisie) dan stakeholder terkait bersama masyarakat setempat.

Menurut Risnawanto, penyu mempunyai peran penting dalam menjaga ekosistem laut yang sehat. Sebab, laut yang sehat akan jadi habitat jutaan ikan sebagai sumber protein penting bagi manusia. Penyu juga bisa menjaga keberlangsungan hidup ekosistem laut dan rumput-rumput laut.

Baca juga: Bupati Pessel Lepas 100 Ekor Tukik di Sutera

"Saya datang ke sini, memang setelah adanya koordinasi dari camat Sasak Ranah Pasisie. Artinya, melakukan kebaikan juga harus berkoordinasi, lakukan secara bersama demi majunya wilayah Nagari Maligi ini," kata Risnawanto.

Ia menambahkan, kegiatan yang sifatnya menunjang ekonomi masyarakat seperti ini, kegiatannya harus dikoordinasikan sehingga kegiatan tersebut bisa sejalan dengan pemerintah. Termasuk dalam pergerakan konservasi Penyu oleh Kelompok Konservasi Penyu Maligi.

"Ayo, bangkit lah masyarakat Maligi, kaum perempuan, tokoh pemuda dan lainnya. Mari kita bangun Maligi ini, demi kemajuan ekonomi masyarakat," ajak dia.

Pemerintah daerah, lanjut Risnawanto, siap membangun Maligi agar daerah tersebut bisa keluar dari keterbatasan yang ada selama ini. Karena, pembangunan apapun harus dilakukan sejalan, seayun dan selangkah dengan masyarakat.

Baca juga: Pelepasan Tukik Hiasi Kopdargab IC Sumbar dan Riau

Jadi Objek Wisata

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: