Reynol: Pokdarwis Mesti Fokus Kembangkan Destinasi Wisata Daerahnya

Selasa, 08 Februari 2022, 12:33 WIB | Wisata | Kota Padang Panjang
Reynol: Pokdarwis Mesti Fokus Kembangkan Destinasi Wisata Daerahnya
Atraksi Silek Lanyah yang jadi unggulan Pokdarwis Kubu Gadang di Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT). (kominfo)

PADANG PANJANG (7/2/2022) - Pelaku Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), diharapkan lebih mengembangkan dan memperkenalkan destinasi wisata yang dikelola.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Reynol Oktavian di Padang Panjang, Senin.

Dikatakan, Disporapar akan terus melakukan pembinaan pada pokdarwis. Dengan melakukan beberapa pelatihan untuk lebih meningkatkan minat dari masyarakat untuk mengembangkan pariwisatanya.

"Kita akan terus melakukan pembinaan. Sudah banyak yang kita rencanakan dan berharap, ini semua bisa berjalan demi kemajuan pariwisata di Padang Panjang," ujar Reynold.

Baca juga: Potensi Wisata Kubu Gadang Perlu Dikembangkan

Beberapa hal yang akan dilakukan Disporapar, di antaranya, melakukan pelatihan-pelatihan dengan mendatangkan organisasi pariwisata dan melakukan gathering per bulan masing-masing Pokdarwis di tempat parisiwatanya masing-masing.

Kemudian, membahas bagaimana pengembangan pariwisata tersebut ke depannya, serta apa saja yang perlu dibenahi dan lainnya.

Terhitung tahun 2021 lalu, katanya, terdapat lima Pokdarwis di Padang Panjang. Di antaranya, Kubu Gadang di Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Stasiun Kereta Api, Kelurahan Pasar Usang (PPB).

Kemudian, Batu Limo, Kelurahan Silaing Atas (PPB), Puncak Paganduangan, Kelurahan Ganting (PPT), dan Pokdarwis Koto Katik (PPT) serta Pokdarwis Masjid Asasi, Kelurahan Sigando (PPT).

Baca juga: Dukung Silat jadi Warisan Dunia: Hendri Arnis Basilek Lanyah dengan Guru Silat Kubu Gadang

"Kita akan terus menerima usulan-usulan Pokdarwis dari masyarakat lain. Masukan dari masyarakat ini yang sangat kita butuhkan, karena itu memang keinginan mereka. Jika kita yang membuat, malah kurang berjalan dengan maksimal," tuturnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: