Mahyeldi Kunjungi 'Balinya Sumbar' di Taluak Sikulo Pesisir Selatan

Minggu, 13 Februari 2022, 22:23 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Mahyeldi Kunjungi 'Balinya Sumbar' di Taluak Sikulo Pesisir Selatan
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi didampingi Audy Joinaldy (Wagub) berkeliling Taluak Sikulo di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Ahad. (humas)

PADANG (13/2/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, kunjungi Taluak Sikulo, di Pesisir Selatan, Ahad. Kondisi pantai yang dangkal dengan pasir putih halus dihiasi gundukan bukit-bukit yang cantik, serta air laut yang berwarna biru, jadi daya tarik objek wisata yang berada wilayah Kecamatan Koto XI Tarusan ini.

"Luar biasa potensinya untuk dikembangkan. Pantainya dangkal, cocok untuk homestay terapung. Lahannya juga luas, bisa untuk camping ground dan juga terabas. Ada perbukitan dan batu karangnya sehingga disebut wisatawan sebagai "Bali"-nya Sumbar," kata Mahyeldi saat berkunjung ke kawasan itu.

Objek wisata ini sedang hits di Sumatera Barat. Pesona pantai yang jadi spot selfie favorit para milenial ini, memiliki sebuah spot batu karang yang disebut Batu Baajuang. Spot ini sangat mirip dengan suasana pantai di Bali.

Dalam kunjungan tersebut, Mahyeldi sempat berdialog dengan pengelola kawasan Taluak Sikulo, Ujang Sahrul. Ikut hadir, Wagub Sumbar, Audy Joinaldy beserta jajaran yang membuka kegiatan capacity building) bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Labuan Sundai, Pessel.

Baca juga: Sumbar jadi Tuan Rumah HKBN 2024, 30 Daerah akan Ikuti Simulasi Bencana Gempa dan Tsunami

Menurutnya kunjungan wisatawan ke Taluak Sikulo hampir selalu ramai setiap hari, terlebih lagi pada akhir pekan. Umumnya berasal dari luar Sumbar seperti Pasir Pangaraian, Teluk Kuantan dan Lipat Kain, Provinsi Riau.

Ujang Sahrul mengaku siap mendukung, jika ada rencana pembangunan atau investor yang ingin mengembangkan kawasan wisata yang juga bersebelahan dengan Pantai Batu Kalang ini.

"Kalau ada pembangunan di sini oleh pemerintah, kami sangat mendukung. Tidak akan menghambat. Sebab, pembangunan akan meningkatkan ekonomi masyarakat," ucap Ujang yang mengaku sudah mengelola kawasan tersebut secara turun temurun.

Mahyeldi menyambut positif dukungan tersebut. Hal itu, menurut dia, yang dibutuhkan dari masyarakat untuk mempercepat laju pembangunan daerah.

Baca juga: 67 Pengusaha Randang Berhimpun di Hipermi, Gubernur: Tembus Pasar Nasional hingga Internasional

Berbagai pembangunan infrastruktur, menurut Mahyeldi, baik yang sedang maupun dalam perencanaan, akan mendukung akses pariwisata Sumbar. Di antaranya pembangunan akses jalan Alahan Panjang-Bayang, yang mendekatkan akses dari timur ke selatan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: