Pacu Kuda adalah Agenda Budaya yang Perlu Dilestarikan

Senin, 21 Februari 2022, 13:12 WIB | Olahraga | Kota Payakumbuh
Pacu Kuda adalah Agenda Budaya yang Perlu Dilestarikan
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.

PAYAKUMBUH (20/2/2022) - Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi minta maaf pada masyarakat dan pecandu pacu kuda karena tidak dapat menyaksikan Iven Pacu Kuda Payakumbuh Bank Nagari Open Race 2022 secara langsung, di lapangan pacuan Kubu Gadang. Iven ini diputuskan digelar dengan penonton terbatas karena faktor potensi pelanggaran protokol kesehatan.

"Perkembangan Covid19 di Kota Payakumbuh meningkat, sehingga kota ini berada pada level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, kami harap masyarakat bisa maklum," kata Riza Falepi saat membuka iven tersebut, Ahad.

Namun, untuk memfasilitasi agar bisa ditonton, tayangan langsung iven pacu kuda masih bisa disaksikan secara daring melalui live streaming di akun media sosial Youtube, Instagram dan Facebook Pemerintah Kota Payakumbuh serta Denai TV selaku media TV lokal.

"Rencananya, iven ini kita gelar secara terbuka dan gratis untuk umum. Prediksi kita, orang yang menonton bisa mencapai 50 ribu orang," ungkap Riza.

Baca juga: Dewan Penasehat dan Pakar PKS Payakumbuh Dikukuhkan, 8 Kursi jadi Target di Pemilu 2024

Tetapi, tepat beberapa hari sebelum pelaksanaan, Payakumbuh ditetapkan berada pada level 2 PPKM. "Setelah rapat, Satgas Covid-19 yan gjuga ada Kapolres AKBP Alex Prawira, maka kita putuskan digelar tanpa penonton. Yang boleh ada di lokasi acara hanya orang yang terlibat dalam pelaksanaan," ungkap Riza.

Wali kota dua periode itu optimistis, bila suatu waktu kondisi pandemi sudah reda, Kota Payakumbuh siap untuk menggelar pacu kuda dengan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu, Komisaris Utama Bank Nagari Sumatera Barat, Benni Warlis dalam sambutannya menyampaikan. Pacu kuda adalah agenda budaya yang perlu dilestarikan. Bagi orang Sumbar, iven ini adalah alek anak nagari.

"Meski masih dalam masa pandemi, iven ini bisa disaksikan melalui media sosial dan ditonton banyak masyarakat," kata Benni.

Baca juga: Asrul Serahkan Cenderamata ke Wako dan Wawako Payakumbuh yang akan Masuki Purna Tugas

Benni menyampaikan, Bank Nagari mendukung iven-iven seperti ini di Sumbar, termasuk Kota Payakumbuh karena Bank Nagari adalah milik Pemprov Sumbar, dan pemegang sahamnya ada 19 kota/kabupaten.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: