Padang Panjang Fasilitasi Peluang Kerja ke Negeri Sakura

Selasa, 08 Maret 2022, 19:38 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Padang Panjang Fasilitasi Peluang Kerja ke Negeri Sakura
Kepala DPMPTSP, Ewasoska saat membuka kegiatan Seleksi Pelatihan Bahasa Jepang, di Aula Senja Kenangan, Kelurahan Bukit Surungan, Kecamatan Padang Panjang Barat, Senin. (kominfo)

PADANG PANJANG (7/3/2022) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kembali membuka peluang kerja ke Jepang, melalui tahapan pelatihan dan seleksi. Diikuti sebanyak 30 orang pencari kerja (pencaker) yang mendaftar, 16 terbaik nantinya akan diberangkatkan bekerja ke Negeri Sakura itu.

"Peluang kerja ke Jepang melalui proses pelatihan dan seleksi ini, merupakan tahun ketiga dianggarkan Pemko sejak 2020 lalu," ungkap Kepala DPMPTSP, Ewasoska saat membuka kegiatan Seleksi Pelatihan Bahasa Jepang, di Aula Senja Kenangan, Kelurahan Bukit Surungan, Kecamatan Padang Panjang Barat, Senin.

Hal tersebut dilakukan lantaran peluang kerja sejak pandemi Covid19 makin sedikit di dalam negeri. Pemko, lanjut Ewa, melihat adanya peluang kerja yang terbuka lebar di luar negeri termasuk di Jepang. Gaji yang diterima pun lebih banyak dan berkali lipat.

"Setelah empat bulan pelatihan bersama LPK Yaruki Padang, akan dipilih 16 yang terbaik. Walapun dengan anggaran untuk 16 orang, kita negosiasikan dengan LPK Yaruki, Alhamdulillah mereka bersedia mengajar peserta kita sebanyak 30 orang, tanpa ada penambahan anggaran," katanya.

Baca juga: Semarak Ramadhan di Kota Padang Panjang, Dari Itikaf, Berbagi Berkah hingga Tadarusan

Dikatakan, yang bertahan dan yang terbaik sebanyak 16 orang itu, difasilitasi ke Jepang dengan biaya keberangkatan dari alokasi anggaran Pokir Anggota DPRD, Yovan Fadayan Remindo. Masing-masing Rp 11 juta.

"Nantinya, 16 orang yang terpilih ini, betul-betul siap berangkat ke Jepang," ungkapnya.

Sementara itu, Pimpinan LPK Yaruki Language Padang, Nofial Ferbrialdi mengatakan, pihaknya akan berusaha mengakomodir peserta pelatihan yang tidak masuk 16 orang terpilih.

"Sisanya, kalau mereka berpotensi ke Jepang biayanya akan dicarikan oleh LPK Yaruki," tuturnya.

Baca juga: Kerugian Warga Padang Panjang Akibat Erupsi Gunung Marapi Capai Rp13 Miliar

Adapun penempatan kerja di Jepang, sebut Nofial, menyesuaikan dengan jurusan yang diambil. "Ada 16 bidang kerja. Perusahaan tersebar di seluruh Jepang," ujarnya. (ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: