Kebersihan Homestay Penting, Erman: Alokasikan Budget Khusus untuk Ciptakan Kenyamanan

Rabu, 09 Maret 2022, 21:13 WIB | Wisata | Kota Bukittinggi
Kebersihan Homestay Penting, Erman: Alokasikan Budget Khusus untuk Ciptakan Kenyamanan
Wako Bukittinggi, Erman Safar memberikan arahan pada Seminar Kepariwisataan dalam rangka milad pertama Asosiasi Homestay Bukittinggi yang diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi, Rabu. (hamriadi)

BUKITTINGGI (9/3/2022) - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar meminta pengelola home stay di kota wisata itu, memperhatikan kebersihan seluruh fasilitas yang dimiliki. Mulai dari kebersihan kamar mandi, penggantian seprai dan lingkungan serta lainnya.

"Sediakanlah anggaran khusus untuk menjaga dan merawat fasilitas yang dimiliki, agar pengunjung nyaman," ungkap Erman saat membuka Seminar Kepariwisataan dalam rangka milad pertama Asosiasi Homestay Bukittinggi yang diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi, Rabu.

Seminar yang diikuti pengelola homestay di Kota Bukittinggi tersebut, mengambil tema "Eksistensi Homestay dalam Rangka Pengembangan Pariwisata Daerah."

Menurut Erman, homestay tidak hanya berfungsi sebagai tempat penginapan seperti hotel. Dalam pengelolaannya, homestay juga dituntut untuk menjalin interaksi dengan tamu, sehingga terjadi komunikasi yang baik antar kedua belah pihak.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Tingkat Hunian Hotel Naik 100 Persen

Agar terjalin komunikasi yang baik, menurut dia, diperlukan penggunaan bahasa yang baik dalam berkomunikasi dengan tamu. Misalnya, memberikan ucapan selamat ulang tahun bagi tamu yang pernah menginap. Ini merupakan bentuk layanan after sales yang mampu menarik simpati pengunjung.

"Ini akan jadi salah satu nilai jual yang positif dalam mendukung kepariwisataan di Bukittinggi nantinya yang disumbangkan oleh pengelola homestay," ungkap Erman.

Selain itu, Erman harapkan pengelola homestay, juga berkreasi sehingga dapat menambah nilai jual yang positif bagi pariwisata Kota Bukittinggi.

"Membuat foto, produk asli dan lain sebagainya. Ini akan dapat meninggalkan kesan yang positif tersebut," ujar Erman.

Baca juga: Seminggu Liburan Idul Fitri 1445 H, Bukittinggi Raup PAD Rp2,2 Miliar

Dikesempatan itu, Erman menyebutkan, Pemko Bukittinggi akan membantu memperbaiki akses menuju homestay sekiranya diperlukan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: