Mahyeldi Ingatkan OPD untuk Anggarkan Kegiatan untuk 10 Program Pokok PKK

Al Imran | Kamis, 10-03-2022 | 17:31 WIB | 117 klik | Kab. Dharmasraya
<p>Mahyeldi Ingatkan OPD untuk Anggarkan Kegiatan untuk 10 Program Pokok PKK<p>

Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi Harneli Bahar (Ketua TP-PKK Sumbar) memberikan penghargaan pada duta dasa wisma saat membuka pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma VI dan BBGRM XIX Tingkat Sumatera Barat 2022, Rabu. (humas)

DHARMASRAYA (9/3/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, mengapresiasi TP-PKK yang telah melakukan berbagai terobosan, yang belum pernah dilakukan daerah lain. Inovasi jadi bagian penting dalam rangka penguatan keluarga sekaligus membantu program pemerintah.

Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), menurut Mahyeldi, juga menjadi titik tolak membangkitkan kembali semangat gotong-royong membantu warga yang terkena musibah seperti di Pasaman dan Pasbar.

"Pemprov memiliki kepentingan dan perhatian sangat besar pada TP-PKK agar terus tumbuh dan berkembang dalam rangka mewujudkan keluarga yang tangguh dan mandiri dalam kerangka mewujudkan daerah yang berkualitas. Keluarga adalah miniatur suatu daerah," kata Mahyeldi saat membuka pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma VI dan BBGRM XIX Tingkat Sumatera Barat 2022, Rabu.


Kegiatan ini dipusatkan di halaman Rumah Adat Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Pembukaan kegiatan yang diikuti Tim Penggerak PKK (TP-PKK) se-Sumatera Barat itu ditandai dengan pemukulan gandang tabuah oleh gubernur bersama Walikota Solok, Zul Elfian Umar, Bupati Limapuluh Kota, Syafaruddin, Sekdakab Dharmasraya, Adlisman dan Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar, Harneli Bahar.

"Jika 10 Program Pokok PKK bisa dijalankan oleh kelompok dasa wisma dengan baik, akan mampu menghadirkan keluarga-keluarga berkualitas. Hal ini tak terlepas dari dukungan dari OPD. Pastikan 10 program pokok PKK teranggarkan dalam OPD," urai dia.

Selain itu, Mahyeldi juga minta masing-masing kabupaten dan kota melalui Dinas Kominfo agar menyiapkan satu aplikasi khusus untuk kelompok dasa wisma, untuk pendataan dan sistem pemantauan.

Tujuannya, agar pesan maupun program dan kebijakan kepala daerah bisa segera sampai pada kelompok dasawisma dan sebaliknya kegiatan dasa wisma juga bisa diketahui oleh kepala daerah.

Mahyeldi juga tantang TP-PKK, untuk bisa menghadirkan atau menyelenggarakan event PKK yang berskala nasional di Sumbar.

Ketua TP-PKK Sumatera Barat, Harneli, ingin peran PKK sebagai mitra pemerintah bisa berjalan dengan baik. Dasa wisma sebagai ujung tombak PKK, dengan kelompok terdiri dari 10 sampai 20 rumah, diharapkan bisa berperan menjalankan 10 program pokok PKK.

"Dasa wisma harus bisa jadi teladan dan pelopor kebaikan, di rumah, dan lingkungan. Bisa menambah penghasilan keluarga, menjaga anak-anak dari pengaruh narkoba dan juga jadi keluarga tanggap bencana," kata Harneli.

Hal serupa disampaikan Sekdakab Dharmasraya, Adlisman. Menurutnya, program-program TP-PKK mesti didukung penuh karena berkaitan erat dengan seluruh program yang ada di OPD, sehingga tidak ada kata lain selain bersinergi demi kemajuan kabupaten dan provinsi.

Sebelumnya, Ketua TP-PKK Kabupaten Dharmasraya, Dewi Sutan Rizka, menyampaikan terimakasih atas dipilihnya Dharmasraya sebagai tuan rumah. Ia berharap melalui kegiatan ini, bisa meningkatkan sinergitas gerakan TP-PKK dengan pemerintah.

Dalam kegiatan pencanangan itu, Mahyeldi juga menyerahkan alat-alat gotong royong, mengunjungi stand pameran produk UP2K PKK serta penanaman bibit pohon di Embung Rawang Tinjau. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar