Dilatih 20 Hari, 16 Warga Binaan Lapas Lubukbasung Dinyatakan Ahli Pengelasan SMAW

Jumat, 11 Maret 2022, 21:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Dilatih 20 Hari, 16 Warga Binaan Lapas Lubukbasung Dinyatakan Ahli Pengelasan SMAW
Sekretaris DPMPTSP-Naker Agam, Mulyadi didampingi Kalapas Klas IIB Lubuk Basung, Suroto menyerahkan sertifikat keahlian pengelasan pada warga binaan usai mengikuti pelatihan, Kamis. (humas)

AGAM (10/3/2022) - Sebanyak 16 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas Klas IIB Lubuk Basung menerima sertifikat kelulusan pelatihan berbasis kompetensi dari Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Agam, Kamis.

Sebanyak 16 warga binaan itu dinyatakan kompeten pada Pelatihan Berbasis Kompetensi Sub Kejuruan Fillet Welder Pengelasan SMAW Posisi (2F/PB) yang digelar DPMPTSP-Naker Kabupaten Agam.

Sekretaris DPMPTSP-Naker Agam, Mulyadi mengatakan, pihaknya melalui BLK bersama Lapas Klas IIB Lubuk Basung telah menggelar pelatihan berbasis kompetensi bagi warga binaan sejak 20 hari lalu.

Menurutnya, warga binaan harus dicarikan solusi agar tidak mengulangi perbuatan yang sama pasca menjalani masa hukuman. Untuk itu, pihaknya merasa perlu memberi pelatihan keahlian pengelasan bagi warga binaan.

Baca juga: Hari Pertama Kerja di Pemkab Agam, Edi Busti: Awali dengan Semangat Baru

"Keterampilan ini bekal WBP usai menjalani masa hukuman di lapas, karena itu jadikan pelatihan ini sebagai ajang menimba ilmu agar memiliki keahlian," ujarnya saat menutup program pelatihan tersebut.

Pihaknya menyebut, BLK Agam akan terus berupaya memfasilitasi Lapas Klas IIB Lubuk Basung agar para WBP bisa memperoleh keterampilan yang dapat digunakan saat bebas nanti.

"Kedepan kita terus berkontribusi ke Lapas, tidak semata pelatihan tapi hal lain sehingga WBP bebas nanti tidak menjadi beban bagi masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kalapas Klas IIB Lubuk Basung, Suroto mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Agam yang turut memberi bekal keterampilan bagi WBP dalam menjalani masa hukuman pidana.

Baca juga: Program Pakkayo Layani Warga Agam di Libur Lebaran, Rekam Data Paling Banyak

"Kegiatan ini kita harap menambah nilai pengetahuan dan nilai kehidupan bagi mereka setelah kembali ke tengah masyarakat," ucapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: