LPM Ranah Parak Rumbio Siap Bersinergi dengan Pemerintah

Al Imran | Jumat, 11-03-2022 | 23:27 WIB | 564 klik | Kota Padang
<p>LPM Ranah Parak Rumbio Siap Bersinergi dengan Pemerintah<p>

Sekretaris Kecamatan Padang Selatan Maspeg melantik dan mengambil sumpah Pengurus LPM Kelurahan Ranah Parak Rumbio periode 2022-2025 di ZHM Hotel Padang, Jumat (11/03/2022). (veby riki yanto)

PADANG (11/3/2022) - Camat Padang Selatan Teddy Antonius yang diwakili Sekretaris Kecamatan (Sekcam), Maspeg melantik kepengurusan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Ranah Parak Rumbio, Jumat.

Acara yang dilaksanakan cukup meriah di ZHM Hotel ini dihadiri segenap Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Padang Selatan, tokoh masyarakat, Bundo Kanduang, RT/RW, serta pengurus LPM terpilih.

Pengurus LPM yang diketuai oleh Noviardi ini akan bertugas selama tiga tahun yakni dari tahun 2022 hingga tahun 2025, menggantikan kepengurusan lama yang telah selesai masa baktinya.


Maspeg dalam sambutannya mengatakan, LPM saat ini memiliki peran yang cukup strategis dalam mendukung program-program pemerintah, terutama yang menyangkut pemberdayaan masyarakat

"Sesuai dengan namanya, LPM berperan memberdayakan masyarakat, sehingga mampu menggali potensi-potensi yang ada di wilayahnya, guna menunjang pembangunan dan peningkatan kesejahteraan," ujar Maspeg.

Pemberdayaan masyarakat menurut Maspeg, semakin terasa perannya terutama di masa pandemi, dimana terjadinya pembatasan kegiatan serta terhambatnya pembangunan karena anggaran yang dialihkan untuk penanganan COVID-19.

Maspeg juga berharap, LPM sebagai mitra pemerintah dapat mendukung visi-misi Pemerintah Kota Padang yakni mewujudkan masyarakat Kota Padang yang Madani berbasis pendidikan, perdagangan, pariwisata unggul serta berdaya saing.

"LPM harus mampu menjalin komunikasi dua arah, karena LPM merupakan jembatan antara kepentingan masyarakat dan pemerintah," imbuhnya.

Dia juga mengapresiasi panitia pelaksana yang telah mampu menggelar kegiatan pemilihan dan pelantikan pengurus LPM 2022-2025 ini dengan meriah dan lancar.

"Saya sangat mengapresiasi, ini mungkin satu-satunya pelantikan pengurus LPM yang dilaksanakan di hotel berbintang," ujar Maspeg disambut tepuk tangan hadirin.

Sementara, Ketua LPM terpilih Novriadi mengatakan akan menjalin sinergitas dengan pemerintah, terutama pemerintah kelurahan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di tengah masyarakat saat ini.

"Kita akan mengadakan rapat dengan pengurus, kemudian menyusun program LPM selama tiga tahun ke depan, kami juga akan merangkul unsur kepemudaan, sehingga nantinya program kita dapat seiring-sejalan antara kepentingan warga dengan visi misi perintah," katanya.

Lurah Ranah Parak Rumbio didampingi ketua penyelenggara Markus Pandean menjelaskan, pemilihan ketua LPM dilaksanakan pada 22 Febuari lalu, dan dari proses pemilihan yang berlangsung secara demokratis tersebut berhasil memilih Novriadi sebagai ketua baru yang akan menjalankan tugasnya terhitung sejak dilantik hingga tahun 2025. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar