Padang Panjang Siapkan 16 Orang untuk Magang ke Jepang

Al Imran | Senin, 14-03-2022 | 20:03 WIB | 443 klik | Kota Padang Panjang
<p>Padang Panjang Siapkan 16 Orang untuk Magang ke Jepang<p>

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Ewasoska, gelar pelatihan bahasa dan budaya Jepang tingkat N4 dan N5, di Ruang Belajar SMK Karya, Senin. (kominfo)

PADANG PANJANG (14/3/2022) - Padang Panjang gelar pelatihan bahasa dan budaya Jepang tingkat N4 dan N5 tahun 2022 ini. Pelatihan yang diikuti 21 peserta yang telah lolos serangkaian seleksi itu, akan mengikuti materi hingga empat bulan kedepan.

"Pelatihan N5 dan N4 ini merupakan salah satu syarat untuk bisa melakukan magang ke Jepang," ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Ewasoska, Senin.

Dikatakan Ewasoska, pelatihan bahasa dan budaya Jepang ini merupakan salah satu upaya Pemko dalam menekan angka pengangguran di Kota Padang Panjang. Untuk tahun anggaran 2022 ini, pelatihan ini digelar untuk dua angkatan.


"Padang Panjang merupakan satu-satunya daerah di Sumatera Barat yang menganggarkan pelatihan ini, termasuk biaya keberangkatan," ungkapnya.

"Patut kita syukuri, biasanya orang berangkat ke luar negeri menjual hartanya untuk biaya. Kita di Padang Panjang sudah disiapkan biaya oleh Pemko," tambah Ewasoska didampingi Koordinator Bidang Penanaman Modal dan Ketenagakerjaan, Mardi Suntami saat pelatihan di Ruang Belajar SMK Karya Padang Panjang.

Dia berharap, semua peserta dapat mengikuti pelatihan ini sampai ke level 4 dan berkompetisi secara sehat untuk menuju 16 orang berprestasi yang akan difasilitasi keberangkatannya magang ke Jepang.

"Jepang merupakan negara yang sangat modren dan tinggi tingkat kompetisinya. Maka persiapkanlah diri dengan semaksimal mungkin, karena 16 orang yang terpilih nanti, betul-betul yang siap untuk berangkat," ucapnya.

Salah satu peserta pelatihan, Nadila Salsabila mengaku sangat senang bisa mengikuti pelatihan ini.

Tamatan SMK 2 Padang Panjang ini, berharap bisa mengikuti pelatihan sampai tuntas dan masuk jadi 16 orang berprestasi yang lolos magang ke Jepang. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar