Gempabumi Tektonik 5,4 SR Mengguncang Nias Malam Ini, BMKG: Ini Gempa Susulan Magnitudo 6,7

Senin, 14 Maret 2022, 22:15 WIB | News | Nasional
Gempabumi Tektonik 5,4 SR Mengguncang Nias Malam Ini, BMKG: Ini Gempa Susulan Magnitudo...
Infografis.

PADANG (14/3/202) - Wilayah Pantai Timur Nias Selatan, Sumatera Utara diguncang gempa tektonik, Senin, pukul 21.12 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudoM5,4.

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,56 LS ; 98,54 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 4 Km arah Timur Hibala, Nias Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 36 km," ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam pernyataan tertulis yang diterima.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, ungkap Bambang, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," terangnya.

Baca juga: Ini Prakiraan Cuaca di 4 Objek Wisata Pantai Unggulan di Sumbar dari Sabtu Pagi hingga Sore

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan daerah Nias Selatan dengan skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), daerah Siberut dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Kemudian, di daerah Simpang Empat, Nias Barat, Pasaman Barat dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu),daerah Padang dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tegasnya.

Gempabumi ini merupakan rangkaian gempabumi susulan dari gempa utama dengan magnituo 6,7 pada Senin subuh tadi.

Baca juga: Waspada! BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca untuk Tanggal 12 dan 13 April 2024, Ini Daerahnya

"Hingga pukul 21.40 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya delapan aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar 6,0 SR," ungkap dia. (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: