Sumbar jadi Tuan Rumah Kejurnas Berkuda, Audy: Sport Tourism untuk Penarik Wisatawan

Al Imran | Kamis, 17-03-2022 | 17:35 WIB | 1718 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Sumbar jadi Tuan Rumah Kejurnas Berkuda, Audy: Sport Tourism untuk Penarik Wisatawan<p>

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy (tengah) diapit suami istri yang juga Ketua Umum KONI, Marciano Norman dan Ketua Umum Pordasi, Triwatty Marciano di Jakarta, Rabu. (humas)

JAKARTA (16/3/2022) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengatakan, momentum tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Berkuda 2023 sekaligus pra kualifikasi PON Aceh-Sumut 2024, sejalan dengan Visit Beautiful West Sumatera 2023 yang jadi salah satu fokus pemerintahan daerah.

"Kita masih butuh pembenahan untuk menyambut gelaran Kejurnas. Tapi, ini momentum yang tepat, seiring dengan Visit Beautiful West Sumatera. Kejurnas Berkuda bisa jadi salah satu atraksi sport tourism untuk menarik minat wisatawan," kata Audy usai bertemu dengan Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi), Triwatty Marciano di Jakarta, Rabu.

Dalam pertemuan di rumah pribadi Triwatty itu, Audy sekaligus berdialog dengan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman yang juga suami Triwatty.


Diketahui, Sumatera Barat ditetapkan sebagai tuan rumah Kejurnas Berkuda 2023 sekaligus pra kualifikasi PON Aceh-Sumut 2024, pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pordasi di Palembang, medio Februari 2022 lalu.

Dalam dialog itu, Triwatty mengapresiasi langkah cepat Pemprov Sumbar yang mulai mempersiapkan diri sebagai tuan rumah. Ia sepakat, untuk menyukseskan Kejurnas, kolaborasi antara Pemprov, KONI, Pordasi dan stakeholder, sangat diperlukan.

"Kita tentu siap bahu-membahu menyukseskan Kejurnas Berkuda 2023. Oleh karena itu, kita akan undang seluruh stakeholder, komunitas berkuda, sponsor dan investor swasta untuk berkolaborasi dengan Pemprov Sumbar," ungkap Triwatty.

Sementara, Norman Marciano menilai, Sumatera Barat jadi tuan rumah Kejurnas Pacuan Kuda. Dia menyebut, Sumbar sangat potensial, karena masyarakatnya banyak yang menaruh minat pada olahraga berkuda.

"Dari segi sarana dan prasana maupun penyelenggara, juga memiliki beberapa opsi track yang bisa digunakan," ujar Marciano.

Selain Ketua Umum KONI dan Pordasi Pusat, pertemuan tersebut juga dihadiri pengurus KONI Sumbar, Kadispora Sumbar, Dody Diantolani dan Kadis Kominfotik Sumbar, Jasman Rizal. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar