BPK: Pelaporan LKPD Padang Panjang Capai 79 Persen

Al Imran | Jumat, 18-03-2022 | 20:55 WIB | 386 klik | Kota Padang Panjang
<p>BPK: Pelaporan LKPD Padang Panjang Capai 79 Persen<p>

Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumbar, Yusnadewi bersama Fadly Amran (Wako Padang Panjang) dan jajaran, usai penyerahan LPKD 2022 di Kantor Perwakilan BPK, Jalan Khatib Sulaiman Padang, Jumat. (kominfo)

PADANG (18/3/2022) - Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumbar, Yusnadewi mengatakan, Padang Panjang jadi yang terbaik dalam pelaporan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2021.

"Pelaporan LKPD Padang Panjang 2021 persentasenya mencapai 79 persen dari target maksimal 85 persen. Ini membuktikan sistem yang berjalan cukup baik, sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang bisa cepat disampaikan ke BPK," ungkap Yusna, Jumat.

Pernyataan itu disampaikan Yusna usai menerima LKPD Tahun 2022 yang diserahkan Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran di Kantor Perwakilan BPK, Jalan Khatib Sulaiman Padang.


Setelah penyerahan LKPD ini, lanjut Yusna, BPK akan menindaklanjuti dengan pemeriksaan bersama Kantor Akuntan Publik (KAP).

Saat penyerahan LKPD tersebut, Fadly tampak didampingi Sekdako, Sonny Budaya Putra, Inspektur, Syahril dan Kepala BPKD, Winarno.

Dikatakan Fadly, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, di mana implementasinya dalam Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Daerah yang Berkualitas, Transparan, Akuntabel dan Partisipatif sesuai Standar Akuntansi Pemerintah, setiap daerah wajib melaporkan LKPD maksimal dalam waktu tiga bulan anggaran berjalan.

"Alhamdulillah, LKPD Padang Panjang 2021 sudah selesai dan diserahkan ke BPK untuk dilakukan pemeriksaan. Kami mengharapkan hasil penilaian LKPD Kota Padang Panjang akan tetap mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," sebut Fadly.

Selain Padang Panjang, penyerahan LKPD itu bersamaan dengan LKPD dari Kabupaten Pasaman, Sijunjung, Pesisir Selatan yang masuk dalam gelombang kelima. Sejauh ini, sudah 12 daerah yang menyerahkan LKPD sesuai gelombang yang ditetapkan. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar