Kampung Tematik Elo Pukek Purus Potensi jadi Destinasi Wisata Baru

Sabtu, 19 Maret 2022, 16:54 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Kampung Tematik Elo Pukek Purus Potensi jadi Destinasi Wisata Baru
Wali Kota Padang, Hendri Septa mengunjungi kampung tematik Elo Pukek dari Kelompok Nelayan Kasiak Angek Purus (KNKAP), Jumat pagi. (humas)

PADANG (18/3/2022) - Wali Kota Padang, Hendri Septa menilai, kampung tematik Elo Pukek di Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, memiliki potensi yang menjanjikan.

Diketahui, Elo Pukek atau menarik pukat untuk menangkap ikan di laut dari bibir pantai, merupakan tradisi turun-temurun bagi nelayan hampir di seluruh pesisir Ranah Minang.

Sebelum maelo pukek, nelayan terlebih dulu menyebarkan pukek ke laut dengan jarak 100 hingga 200 meter dari bibir pantai menggunakan perahu.

Pukek pun lalu ditebar melebar mengikuti garis pantai kemudian nelayan kembali ke pinggir. Setelah menunggu 15-20 menit masing-masing ujung pukek mulai ditarik, kemudian ikan terjebak di bagian tengah jaring dan didapatkan.

Baca juga: Mushala, Edotel dan Teaching Factory SMK 3 Padang Diresmikan, Ini Permintaan Gubernur Sumbar

"Alhamdulillah, kampung tematik Elo Pukek di Purus ini memiliki daya tarik dan akan kita sinergikan dengan pariwisata ke depan. Semoga menjadi destinasi wisata baru yang menjanjikan di Kota Padang nantinya," ungkap Hendri sewaktu mengunjungi kampung tematik itu, Jumat pagi.

Kunjungan ke kampung tematik Elo Pukek Purus tersebut, merupakan bagian dari kegiatan program Berkantor di Kecamatan yang kali ini dipusatkannya di Kecamatan Padang Barat.

Hendri Septa menyampaikan, Pemko Padang siap mendukung untuk pengembangan kampung tematik Elo Pukek dari Kelompok Nelayan Kasiak Angek Purus (KNKAP) tersebut ke depan.

"Semoga ke depan, kampung tematik Elo Pukek ini bisa menggaet para wisatawan yang mau mencoba merasakan bagaimana ikut maelo pukek bersama para nelayan. Apalagi ikan yang didapat pun bisa mereka bawa pulang," terangnya.

Baca juga: Sistem Satu Arah Padang-Bukittinggi Diujicoba, Catat Tanggal dan Waktu Pemberlakuannya Selama Libur Lebaran 2024

"Jadi, ini menjadi daya tarik tersendiri tentunya, sambil menjaga tradisi elo pukek yang sudah turun-temurun semenjak dulu," imbuh Hendri Septa sembari memberikan bantuan baju dan topi nelayan bagi nelayan KNKAP saat itu.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: