Women Leadership Forum, Nevi: Pejabat Publik Mesti Alokasikan Waktu Membangun Jejaring

Al Imran | Sabtu, 19-03-2022 | 22:07 WIB | 391 klik | Nasional
<p>Women Leadership Forum, Nevi: Pejabat Publik Mesti Alokasikan Waktu Membangun Jejaring<p>

Anggota FPKS DPR RI, Nevi Zuairina

JAKARTA (19/3/2022) - Anggota FPKS DPR RI, Nevi Zuairina mengatakan, jejaring organisasi baik secara kualitas maupun kuantitas, sangat dipengaruhi oleh pimpinan dari organisasi. Sehingga, kapasitas orang-orang yang menjalankan organisasi itulah yang dapat mengoptimalkan relasi, kemitraan dan jejaring.

"Banyak kita menemukan pemimpin sukses di berbagai bidang pada saat ini. Mereka datang dari berbagai latar belakang dan pendidikan. Ada salah satu hal yang perlu kita lihat, yaitu mereka pada umumnya cepat melihat peluang dan tahu siapa yang perlu diajak bekerjasama. Kemampuan tersebut timbul karena mereka mempunyai jejaring strategis yang kuat," tutur Nevi pada Women Leadership Forum edisi Maret 2022, Sabtu.

Agenda rutin bulanan kali ini, menyampaikan optimalisasi relasi, kemitraan dan jejaring organisasi untuk istri pejabat publik yang berasal dari PKS.


Legislator asal Sumatera Barat II ini menekankan akan pentingnya peranan tokoh publik dalam mempersiapkan kesuksesan dengan persiapan yang direncanakan sejak awal. Pihak lain dapat memberikan dukungan, masukan, insight, informasi dan berbagai sumber daya.

Nevi mengingatkan, akan fenomena kesuksesan di awal, tapi di tengah atau di ujung mengalami kesulitan untuk membangun dan mengoptimalkan jejaring. Hal ini dikarenakan adanya terlena pada keyakinan akan kemampuan teknis belaka.

"Pada posisi pimpinan unit atau lembaga, kita harus mulai memperhatikan masalah strategis yang lebih luas. Mengukur bagaimana lembaga yang kita pimpin bisa memberikan kontribusi dan maslahat dalam konteks yang lebih besar mesti menjadi perhatian."

"Oleh sebab itu kita dituntut untuk dapat menentukan arah kedepan serta kemampuan melibatkan pihak-pihak lain yang dibutuhkan," urai Nevi.

Politisi PKS ini memberikan panduan, untuk membangun jejaring yang di antaranya setiap pejabat publik mesti mengalokasikan waktu untuk membangun jejaring, bertemu dengan banyak orang, membangun integritas sehingga reputasi baik, terbuka terhadap semua elemen sehingga orang mudah berkomunikasi, dan mengetahui langkah-langkah di masa yang akan datang sehingga memiliki visi misi yang jelas.

"Membangun jejaring adalah keterampilan yang perlu dilatih. Sehingga, lebih ditentukan oleh kemauan daripada bakat. Alokasi ulang waktu kita, sediakan waktu untuk membangun jejaring," tutur Nevi. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar