IKM Kabupaten Merangin Dikukuhkan, Mahyeldi: Jangan Lupa dengan Kampung Halaman

Minggu, 20 Maret 2022, 22:17 WIB | Kabar Daerah | Nasional
IKM Kabupaten Merangin Dikukuhkan, Mahyeldi: Jangan Lupa dengan Kampung Halaman
Gubernur Sumbar, Mahyeldi resmikan Dewan Pengurus Daerah IKM (Ikatan Keluarga Minang) Kabupaten Merangin periode 2020-2025, di Hall Pemda Kabupaten Merangin, Jambi, Ahad. Mahyeldi ini mewakili Ketua Umum DPP IKM, Fadly Zon. (humas)

JAMBI (20/3/2022) - Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan Al Haris (Gubernur Jambi) dihadiahi sepasang kurambiak saat menghadiri peresmian Dewan Pengurus Daerah IKM (Ikatan Keluarga Minang) Kabupaten Merangin periode 2020-2025.

Mewakili Ketua Umum DPP IKM, Fadly Zon, Mahyeldi yang juga Dewan Penasehat IKM melantik Handayani menggantikan dr Sapeleo sebagai Ketua DPD IKM Kabupaten Merangin beserta jajaran di Hall Pemda Kabupaten Merangin, Jambi, Ahad.

"IKM sebagai wadah pemersatu perantau Minangkabau dimanapun berada menjadi manifestasi atas pepatah dimana Bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Warga Minangkabau mampu bersatu dan bersinergi dengan baik bersama masyarakat perantauan," ungkap Mahyeldi usai pelantikan.

Sesuai dengan pepatah tersebut, terangnya, masyarakat Minangkabau terus bersatu dengan pemerintah daerah diamanapun berada. Bersama berkontribusi untuk membangun dan mengerahkan potensi yang ada untuk membantu pemerintah, sehingga ke depan semakin maju dan sukses.

Baca juga: 7 Bulan Menjabat, Zefnihan Digantikan Fauzan Hasan jadi Pj Wali Kota Sawahlunto, Ini Pesan Mahyeldi

"Meski begitu, tetap jangan lupa dengan kampung halaman," ujar Mahyeldi dalam sambutannya.

Dia berpesan, perantau Minangkabau yang senantiasa memegang teguh adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Tidak hanya hidup dengan falsafah itu, tetapi juga menghidupkannya di tengah-tengah masyarakat negeri perantauan.

"Kita harapkan falsafah adat basandi syarak, syarak mangato adat mamakai, dimana saja berada falsafah itu hidup dan dihidupkan di antara masyarakat setempat," kata dia.

Sementara, Gubernur Jambi, Al Haris menyampaikan, apresiasinya pada masyarakat perantau dan keturunan Minangkabau yang selama ini, telah turut berkontribusi dalam membangun Provinsi Jambi. Ia juga menuturkan rencana untuk melakukan kunjungan dalam rangka napak tilas Sungai Batanghari yang hulunya berada di wilayah Sumbar.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

"Sebanyak 17% dari Sungai Batanghari, yang menjadi sumber air bagi masyarakat Jambi, berada di Sumatera Barat. Oleh karena itu, dalam rangka Kenduri Swarna Bumi Peradaban Sungai Batanghari, kami berencana melakukan napak tilas ke Kabupaten Solok, Solok Selatan dan Dharmasraya, yang merupakan hulu aliran Sungai Batanghari," ungkap Al Haris.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: