Bupati Agam Koordinasi dengan Angku Yus Dt Perpatiah, Ini yang Dibicarakan

Al Imran | Selasa, 22-03-2022 | 12:29 WIB | 218 klik | Kab. Agam
<p>Bupati Agam Koordinasi dengan Angku Yus Dt Perpatiah, Ini yang Dibicarakan<p>

Bupati Agam, Andri Warman berdialog dengan budayawan Minang, angku Yus Dt Parpatiah, di kediamannya, Sungai Batang, kecamatan Tanjung Raya, Senin. (humas)

AGAM (21/3/2022) - Bupati Agam, Andri Warman berdialog dengan budayawan Minang asal Sungai Batang, kecamatan Tanjung Raya, Yus Dt Parpatiah, jelang dilaksanakannya salah satu program unggulan bidang pendidikan sektor adat istiadat di Luhak Nan Tuo itu.

"Kita berupaya, pendidikan adat istiadat dimulai setelah lebaran Idul Fitri 1443 H ini," ujar Andri Warman usai dialog empat mata itu.

Pendidikan adat istiadat ini, ungkap Andri Warman, dia percayakan pada angku Yus Dt Parpatiah yang dinilai sangat memahami persoalan adat istiadat secara lebih komprehensif.


"Kita sudah lama bicarakan pengembangan pendidikan adat istiadat ini dengan angku Yus Dt Parpatiah. Alhamdulillah beliau sangat mendukung program unggulan kita ini," sebutnya.

Namun, penetapan nagari yang jadi wilayah pertama untuk dilaksanakan pendidikan, ia serahkan sepenuhnya pada angku Yus Dt Parpatiah.

Dikatakan, meski ini belum dilaksanakan, tapi kegiatannya sudah mulai digelar oleh beberapa nagari.

Sementara itu, Angku Yus Dt Parpatiah mengatakan, pendidikan adat istiadat memang perlu dikembangkan pada generasi, karena tidak sedikit anak muda sekarang yang tidak paham dengan budaya Minangkabau.

"Tahun ini, saya sudah coba cetak buku karya sendiri berjudul 'Menyingkap Wajah Minangkabau.' Semoga, bisa jadi pemahaman bagi masyarakat terutama generasi," katanya.

Ini baru edisi I yang sudah dicetak 250 eksemplar dan telah disebar diberbagai wilayah. Untuk edisi II, terangnya, bupati berupaya untuk membantu mencetaknya.

Terkait buku ini, Andri Warman menyebut, bisa memperkaya ilmu adat istiadat bagi generasi, melalui paparan tertulis dari angku Yus Dt Parpatiah tersebut.

"Semoga angku Yus Dt Parpatiah selalu dalam keadaan sehat, sehingga beliau bisa mentransfer ilmunya pada generasi muda di Agam ini," harap dia. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kabar Daerah