Mahyeldi Lepas 4 Ribu Bibit Ikan Bilih di Desa Wisata di Tapian Danau Singkarak

Selasa, 22 Maret 2022, 17:47 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Mahyeldi Lepas 4 Ribu Bibit Ikan Bilih di Desa Wisata di Tapian Danau Singkarak
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Plt Direktur Utama PT Semen Padang, Asri Mukhtar Dt Tumanggung dan Prof Tafdil Husni (Rektor Universitas Bung Hatta) serta masyarakat lainnya, melepas 4 ribu bibit Ikan Bilih di Nagari Sumpur, Senin. (humas)

TANAHDATAR (21/3/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengapresiasi Wali Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Ade Dt Sari Pado, yang telah memberikan perhatian khusus untuk pelestarian ikan bilih, salah satu ikan endemik di Danau Singkarak.

Dengan pelestarian ikan bilih ini, di mata Mahyeldi, akan turut membantu perekonomian masyarakat dengan menumbuhkan kearifan lokal untuk menjaga danau dan populasi bilih. Salah satu cara yang mesti ditempuh untuk menjaga populasi yakni melarang keramba serta eksploitasi secara besar-besaran.

"Ini inovasi yang luar biasa dari wali nagari, harus kita dukung. Bersama-sama masyarakat tumbuhkan kearifan lokal supaya tidak ada keramba dan tidak ada penangkapan besar-besaran. Kita berharap agar hal ini ditiru oleh nagari lain di sekitar danau, sehingga bisa melestarikan sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat," ungkap Mahyeldi di Nagari Sumpur, Senin.

Pada momen ini, Mahyeldi bersama Plt Direktur Utama PT Semen Padang, Asri Mukhtar Dt Tumanggung dan Prof Tafdil Husni (Rektor Universitas Bung Hatta) serta masyarakat lainnya, melepas 4 ribu bibit Ikan Bilih di Nagari Sumpur.

Baca juga: Pascalongsor, Jalinsum Solok-Padang Panjang Bisa Dilalui Sabtu Sore Ini

Pelepasan ikan endemik Danau Singkarak ke habitat aslinya tersebut menjadi rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun PT Semen Padang yang ke-112.

Mahyeldi dalam sambutannya, mengapresiasi kepedulian dan perhatian PT Semen Padang, yang tidak hanya fokus pada bisnis, namun juga bisa menyikapi persoalan di Sumbar. Di antaranya, terus menurunnya populasi Ikan Bilih di Danau Singkarak.

"Selamat HUT ke-112 PT Semen Padang dan apresiasi atas kepedulian dan perhatian yang tak henti-hentinya berbakti untuk negeri. Apa yang dilakukan hari ini, tentu akan menambah populasi ikan bilih di Danau Singkarak dan bisa membantu perekonomian warga nantinya," ujar Mahyeldi.

Sementara, Asri Mukhtar Dt Tumanggung mengungkapkan, apa yang dilakukan PT Semen Padang berawal dari keprihatinan semakin menurunnya populasi ikan endemik Danau Singkarak. Sehingga, perusahaan jalin kerjasama dengan UBH, sebagai satu-satunya universitas yang memiliki jurusan perikanan.

Baca juga: Longsor di Nagari Kacang Pagi Ini, Lintas Tengah Jalinsum Tak Bisa Dilalui

"Harapannya, kita bisa ikut berkontribusi menyelamatkan Ikan Bilih dari kepunahannya, bisa berkembang biak dan semua pihak bisa menjaga bersama dan ini bisa jadi proyek percontohan," harap Asri.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: