Tingkatan PAD Sumatera Barat, Audy: Samsat Mesti Ciptakan Inovasi dan Bentuk Budaya Kerja

Rabu, 23 Maret 2022, 16:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Tingkatan PAD Sumatera Barat, Audy: Samsat Mesti Ciptakan Inovasi dan Bentuk Budaya Kerja
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy memberikan arahan pada Rapat Tim Pembina Samsat dengan tema Peningkatan Pelayanan Penyebarluasan Informasi Berbasis Digital di Bukittinggi, Selasa. (humas)

BUKITTINGGI (22/03/2022) - Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengungkapkan, pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu item penyumbang terbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena potensinya yang terukur, Audy meminta seluruh kendaraan bermotor di Sumatera Barat dikuantifikasi.

"Bicara penyumbang PAD Sumbar, pajak kendaraan khususnya roda dua, amat bisa dikuantifikasikan. Kuantitatif sekali. Jadi, Samsat Padang, Bukittinggi, Pesisir Selatan, Lubuk Sikaping dan lain sebagainya, ini bisa diukur kinerjanya dengan mudah. Karena, berapa banyak kendaraan di Sumbar ini bisa diukur," ujar Audy, Selasa.

Hal ini disampaikan Audy saat membuka Rapat Tim Pembina Samsat dengan tema Peningkatan Pelayanan Penyebarluasan Informasi Berbasis Digital di Bukittinggi.

Menurut Audy, untuk meningkatkan PAD tidak bisa dari investasi luar. Karena, investasi dari luar hanya bisa menambah pertumbuhan ekonomi seperti belanja pemerintah, belanja masyarakat, eksport import, serta banyaknya peredaran uang di masyarakat.

Baca juga: PT Semen Padang Serahkan CSR Sarana Prasarana Disabilitas untuk Mall Pelayanan Publik Bukittinggi

Akan tetapi, meningkatkan PAD, salah satunya dari mengintensifkan pendapatan dari pajak kendaraan yang ada di Sumbar. "Inovasi, merupakan salah satu hal penting dalam upaya peningkatan PAD," terangnya.

"Tanpa inovasi, saya yakin PAD tidak akan meningkat. Ini business as usual, biasa-biasa saja, itu-itu saja. Sebagai contoh, inovasi tentang standardisasi budaya kerja di lingkungan Samsat, budaya pelayanan, budaya kebersihan, budaya keseragaman," terangnay.

"Jika sukses melakukan ini, Sumbar bisa jadi sebagai percontohan provinsi tetangga di Sumatera terlebih dulu," tambah Audy.

Audy juga menekankan pentingnya kerjasama dari semua pihak terkait. Seperti, Samsat, Dirlantas dan Jasa Raharja dan pihak terkait lainnya, jadi faktor penting dalam meningkatkan PAD.

Baca juga: Urus Adminduk di Padang Cukup di Kelurahan

Terakhir, Audy berharap, untuk terus meningkatkan komunikasi dari semua pihak dan bekerja sama agar kompak dalam menjalankan program-program yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik, demi kemajuan Sumbar kedepannya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: